Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama Ke-73 Kota Bukittinggi Berjalan Khidmat

IMPIANNEWS.COM (Bukittinggi). 

Kementerian Agama Kota Bukittinggi bertempat di lapangan MAN 1 Gulai Bancah menggelar upacara peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke-73 yang jatuh pada tanggal 3 Januari 2019, Kamis (3/1).

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Wakil Walikota H. Irwandi, SH. Upacara tersebut turut dihadiri unsur Forkopimda, SKPD di lingkungan Pemko Bukittnggi, ASN di Lingkungan Kemenag, Penyuluh Agama, Perbankan yang ada di Bukittinggi, Dharma Wanita di lingkungan kan Kemenag, Siswa sekolah di jajaran Kemenag serta pensiunan Kemenag Kota Bukittinggi.

Wakil Walikota Bukittinggi H. Irwandi membacakan amanat dari Mentri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, menyampaikan pembentukan Kemenag 73 tahun silam merupakan keputusan bersejarah dalam kehidupan bangsa dan negara. Kemenag didirikan untuk memeliharan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta meningkatkan kerukunan antar umat beragama.

"Melalui Hari Amal Bakti ini, kita ingatkan pentingnya jaminan hak beragama dalam pelaksanaan Pancasila dan UUD 1945. Sejalan dengan itu, diangkat tema HAB tahun ini, jaga kebersamaan umat, kami mengajak seluruh jajaran untuk dapat menebarkan energi positif dan merawat kerukunan. Kita juga himbau agar tidak menebar kebencian, melempar fitnah tak bertanggung jawab yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa, apalagi memasuki tahun politik saat ini," ujar Irwandi membacakan pidato Menteri Agama.

Dalam pidato itu, Menteri Agama RI juga mengajak seluruh jajaran Kemenag untuk dapat menegakkan lima nilai budaya kerja Kementrian Agama, integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan. "Jangan sekali-kali mengkhianati kepercayaan umat dengan perbuatan korupsi dan berbagai tindakan tak terpuji," tegasnya.

Pada kesempatan tersebut Wawako H. Irwandi, SH juga mengapresiasi Kemenag Bukittinggi yang telah banyak berkontribusi untuk kota wisata ini. 

Kontribusi itu lahir di berbagai bidang, terutama bidang pelayanan masyarakat serta bidang pendidikan. "Selamat dan terima kasih kepada kemenag Kota Bukittinggi yang selalu berkoordinasi dengan pemko untuk mendukung program pemerintah dan juga menjaga kerukunan umat beragama," tambahnya. 

Dalam upacara Hari Amal Bakti ke 73 itu, juga diberikan penghargaan dan penyematan tanda kehormatan Satya Lencana Karya Satya kepada sejumlah tokoh berprestasi serta ASN yang telah mengabdi selama 30 tahun, 20 tahun dan 10 tahun di lingkungan Kemenag Bukittinggi.

Di sisi lain Kepala Kankemenag Kota Bukittinggi H. Abrar Munanda mengucapkan apresiasi dan terima kasih pada semua pihak yang telah mensukseskan rangkaian kegiatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-73 Kota Bukittinggi. Terima kasih juga disampaikan kepada Pemko Bukittinggi, DPRD, Forkopimda, MUI, TP PKK, FKUB, LKAAM, KAN dan banyak pihak lainnya yang tidak dapat di sebutkan satu persatu atas kerjasamanya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kemenag Kota Bukittinggi dan sinergi membangun Kota Bukittinggi.

 "Alhamdulillah momentum yang sangat bersejarah ini juga dapat kita isi  juga dengan donor darah sebagai salah satu makna yang terkandung  dalam Tagline jaga kebersamaan umat pada HAB ke-73 Kementerian Agama dengan berbagi melalui donor darah setelah pelaksanaan upacara HAB Kemenag ke-73 ini," tuturnya.  (Syafrial