Kunjungan Komisi D, DPRD Provinsi Jawa Tengah ke Kota Payakumbuh.


IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh).

Di awal tahun 2018 ini Pemerintah Kota Payakumbuh mendapat tamu perdana, kunjungan Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah. Pimpinan rombongan Wakil Ketua Komisi D, H. Hadi Santoso, ST MSi. Rombongan terdiri dari 19 orang anggota DPRD, 17 orang staf Sekretariat, 2 orang dari Dinas Kimtaru dan 1 orang dari Biro Hukum. Seremonial penyambutan dibawakan Asisten l Yoherman.

Rombongan yang langsung dipimpin oleh Ketua Komisi D, Hadi Santoso, ST, MT, disambut oleh Wakil Walikota Erwin Yunaz, SE, MM, di Aula VIP lantai II Balaikota Bukik Sibalauik Kota Payakumbuh.

Disamping anggota Komisi D, juga ikut dalam rombongan dari unsur pemerintah diantaranya, Kepala Dinas Perkim, Kepala Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Dalam sambutannya Ketua Komisi D menyampaikan, tujuannya memilih Kota Payakumbuh yang dikunjungi, tak lain adalah karena kota Batiah ini telah banyak meraih prestasi baik tingkat Provinsi maupun Nasional.

"Kami tertarik dengan keberhasilan kota ini untuk membantu warganya yang tinggal dirumah tidak layak Juni (RTLH), serta membangunkan / merenovasi rumah agar layak huni, "papar Hadi Santoso tersebut.

Wakil Walikota, Erwin Yunaz didampingi kepala Dinas Perkim, Martha Minanda serta Camat Latina, David Bachri dan lainya, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Rombongan Komisi D, yang telah memilih kota Payakumbuh sebagai daerah kunjungannya.

"Karena Daerah Payakumbuh jika banding kan dengan Jawa Tengah tidak seberapa jauh kecilnya, baik luas daerah, jumlah penduduk serta PADnya. Oleh karena itu seandainya tidak sesuai dengan harapan Bapak dan Ibu serta rombongan Komisi D, kami atas nama Pemerintah dan warga Kota Payakumbuh mohon dimakamkan, " ungkap Erwin Yunaz.

Sebelum turun kelapangan Kepala Dinas Perkim kota Payakumbuh, Martha Minanda menambahkan, di Payakumbuh memang banyak RTLH tapi ditahun 2017 telah banyak yang di bantu untuk menjadi layak dihuni keluarga.

"Bantuan itu tidak seluruhnya dari pemerintah, disamping Swadaya masyarakat setempat, dari pemuka masyarakat, dari Ninik mamak serta dari perantau. Bantuan itu diberikan tidak langsung kepada pemilik rumah, melainkan kepada kelompok penerima bantuan. Kelompok inilah yang akan bekerja secara swadaya membangun RTLH tersebut. Pemilik rumah, jangankan memegang, melihat uang bantuan saja tidak ada. Kecamatan yang banyak RTLH di antara 5 kecamatan di kota Payakumbuh yaitu kec. Latina dan kec. Payakumbuh Selatan, " terang Marta Minanda.

Selesai di Balai Kota, Wakil Walikota beserta rombongan menuju RTLH yang sudah siap dan telah dihuni oleh pemiliknya, diantaranya Rumah Buk Rika dan Rumah Pak Salman, yang terletak di kelurahan Koto Panjang Dalam kecamatan Latina. Di kecamatan Latina sendiri, selama tahun 2017 sudah 27 rumah yang telah selesai.(ul)