HEMMY SETIAWAN, AMRIL. B DAN AKRIMAL ADHAM DIPERCAYA SEBAGAI KETUA KOMISI

IMPIANNEWS.COM (Sarilamak). 

Dalam rapat paripurna yang digelar oleh DPRD Limapuluh Kota pemilihan anggota Alat Kelengkapan DPRD (Komisi, Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Bamus), Badan Pembentukan Perda (Bapemperda)dan Badan Kehormatan (BK) dan pengesahan perubahan alat kelengkapan DPRD Limapuluh Kota . Rapat dipimpin Ketua DPRD, Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, SH yang didampingi Sastri Andiko, SH dan Deni Asra,S.Si (Wakil Ketua DPRD), Kamis (4/1/2018).

Komisi merupakan Alat Kelengkapan DPRD yang bersifat tetap dan dibentuk oleh DPRD . Hemmy Setiawan yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari Fraksi PDIP & PKB  yang terkenal orator dan disiplin mengemban jabatan sebagai ketua komisi I. Kemudian  Amril.B yang dikenal tegas dan berani juga dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dari Fraksi PDIP & PKB dipercaya sebagai ketua komisi II dan sementara Akrimal Adham SH yang dikenal sederhana dan amanah dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) dipercayakan sebagai ketua komisi III DPRD Kabupaten Limapuluh Kota.

Ketiganya terpilih setelah melalui usulan dari sejumlah fraksi  di DPRD dan rapat serta voting anggota terpilih. Setelah terpilih, anggota DPRD menggelar rapat paripurna penetapan ketiganya sebagai ketua komisi Kamis (04/01/2018) lalu. Ketiganya terpilih setelah melalui beberapa tahapan. Mulai dari rapat dan pemilihan fraksi-fraksi, lalu dibawa ke rapat paripurna.

Dengan terpilihnya para kader partai yang mengisi jabatan di AKD tersebut Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, berharap ketua komisi terpilih mampu menjalankan tugas dan fungsi sesuai bidang masing-masing. Khususnya, dibidang dan fungsi pengawasan. Ketua dan Politisi Golkar itu juga berharap, ketiganya mampu membangun dan menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah melalui OPD yang bermitra dengan komisi-komisi.

Dengan komunikasi dan sinergitas yang baik, Safaruddin yakin program dan pembangunan pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota lebih mudah dicapai. "Tentunya kami berharap mereka (ketua komisi) meningkatkan fungsi sesuai bidang masing-masing. Khususnya bidang pengawasan. Dengan koordinasi dan komunikasi yang baik, kami yakin kedepannya program dan visi misi akan lebih mudah dicapai," harap Safaruddin.

Adapun Nama Komisi I dengan susunan sebagai berikut : Hemmy Setiawan (ketua) dari Fraksi PDIP &PKB, H. Yos Sariadi, S.Ag (wakil Ketua) dari Fraksi PKS &PBB dan Riko Febrianto (sekretaris) dari Fraksi Golkar dengan anggota sebagai berikut : Hj. Aida, SH dari Fraksi Demokrat, Irdapel Masrizal dari Fraksi Gerindra, H. Ermizal Jalinus, SE dari Fraksi PPP, Suriadi dari Fraksi Hanura, Bahrul Edial,ST dari Fraksi PAN, Wendi Chandra , ST dari Fraksi Demokrat, dan Hardedi, S.Sos dari Fraksi PKS & PBB dibawah koordinator wakil ketua DPRD Deni Asra ,S.Si dari Fraksi Gerindra.

OPD mitra dari komisi I adalah  :  Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Inspektorat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/ Nagari, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kesatuan Bangsa dan Politik dan Kecamatan.

Kemudian aggota Komisi II dengan susunan sebagai berikut : Amril B Dt Tan Bagindo (ketua) dari Fraksi PDIP & PKB, Yosrizal Dt. Permato (wakil ketua) dari Fraksi PAN, H. Wadi Munir, S. Ag (sekretaris) dari Fraksi PKS & PBB dengan anggota Ir. Afri Yunaldi, IPM dan Dela Ermaifa, S.Psi dari Fraksi Golkar, Yusnir, BA dari Fraksi Demokrat, Irmantedi dan Irwin Idrus dari Fraksi Gerindra, Drh. Harmen dan Wirman Dt.Pangeran Nan Putiah, SH dari Fraksi PPP, Drs. Epi Suardi dari Fraksi Hanura dan H.Darlius dari Fraksi PDIP &PKB. Koordinator Komisi II adalah Sastri Andiko, SH (Wakil Ketua DPRD) dari fraksi Demokrat.

OPD Mitra Komisi II adalah : Badan Keuangan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Permukiman, Dinas Komunikasi dan Informatika dan Dinas Perhubungan.

Kemudian Komisi III  dengan susunan sebagai berikut : Akrimal Adham, SH (Ketua) dari Fraksi PAN ,  Ir. Yakubis (wakil Ketua) dari Fraksi PKS & PBB  dan H. Mhd. Ridha Illahi, S.Pt (sekretaris) dari Fraksi PDIP &PKB dan anggota sebagai berikut : Syamsul Mikar dan Putra Satria Veri dari Fraksi Golkar, Marshal, B,Ac dari Fraksi Demokrat, Virmadona, S.Sos dari Fraksi Gerindra, Dra. Ridhawati dari Fraksi PPP, Tedy Sutendi, SH, MH dan H.Chandra dari Fraksi Hanura. Koordinator dari Komisi III adalah  Safaruddin Dt. Bandaro Rajo ,SH Ketua DPRD dari Fraksi Golkar.

OPD Mitra Komisi III adalah  : Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana,Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu,  Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja,  Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan,  Dinas Perikanan, Dinas Pangan, RSUD dr. Ahmad Darwis, Perusahaan Daerah Air Minum dan Perusahaan Daerah.(rel/ul)