Di Talawi, Si Jago Merah Lalap UKM Milik Nofrizon

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Tolong kebakaran.....tolong kebakaran. Tenangnya pagi seketika berubah jadi buncar oleh teriakan Dona (36) sang pengusaha kerupuk lento dan sekelasnya. 

Pabrik UKM milik Nofrizon (37) yang terletak di Jalan KH. Ahmad Dahlan kawasan Kubang Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kecamatan Payakumbuh Utara Kota Payakumbuh tepatnya RT V / RW III depan Balai Pertanian, dilalap si jago merah, pada Sabtu (6/1) sekitar pukul 08.24 WIB.

 Seketika warga yang sedang sibuk di sawah dan kebun berdatangan untuk membantu padamkan api dan sebagian lainnya menelpon Damkar, yang saat itu langsung dilayani Kepala UPT Damkar Kota Payakumbuh, Ahdion.

Sebanyak 6 unit mobil damkar yang berasal dari Sat damkar Kota Payakumbuh dibantu sat damkar Kab. 50 kota hadir di lokasi dan berjibaku bersama warga setempat untuk jinakkan api. 

Tampak satdamkar pagi itu dipimpin Azwardi bersama personil damkar lainnya. Kondisi bengkel kerupuk yang terbuat dari papan yang dilapisi terpal plastik hitam, membuat api cepat merambat ke bubungan atap. 

Merambatnya api juga didukung banyaknya sarang laba-laba di bengkel ini. Selain itu, racun api yang yang tidak dapat difungsikan semestinya.
Berdasarkan keterangan Nofrizon kepada Azwardi, " kejadian membesarnya api saat kami melakukan proses penambahan minyak goreng ke dalam kuali, seketika api mengejar tetesan minyak. Dan api pun membesar seketika.

Kita sudah coba padamkan api dengan karung basah pak, namun api semakin membesar. Pekikan anak dan istri serta karyawan membuat kami semakin kalut. Kita segera keluarkan sepeda motor dan tabung LPG. Alhamdulillah, bantuan warga dan damkar cepat sehingga cepat padam. Terima kasih," ucap Nofrizon.

Mewakili Kasat Pol PP dan Damkar, Azwardi menghimbau warga agar berhati-hati dengan api.

" Api kalau kecil akan jadi sahabat, tapi kalau sudah besar akan jadi musuh dan merugikan secara pribadi dan orang lain. Kami tetap menghimbau warga atas ketersedian racun api di rumah. apalagi di tempat usaha yang kesehariannya bergelut dengan yang namanya api. 

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah cepat beritahu kami. Karena kalau terlambat, besar kemungkinan api akan semakin besar, apalagi di lokasi ada 2 unit mobil berbahan bakar premium. 

Marilah kita selalu waspada terhadap api," arah Azwardi didampingi Danru Indra Jaya
Sementara itu, Kasat Pol PP dan Damkar, Devitra yang dihubungi wartawan menerangkan, alhamdulillahperistiwa tersebut tidak ada korban jiwa.

"Kita menghimbau warga Kota Payakumbuh untuk tetap berhati-hati terhadap bahaya kebakaran, dan selalu menyediakan racun api ditempat usaha / kantor. Kebersamaan di tengah masyarakat adalah salah satu kunci yang memudahkan kita (damkar) padamkan api. 

Terima kasih juga kepada warga sekitar," terang Devitra.
Salah seorang tokoh masyarakat RT V / RW III kawasan Kubang Talawi Kelurahan OTS yang tidak mau menyebutkan namanya, menghimbau agar warga meningkatkan semangat bersosial.

" Dalam bersosial dan bermasyarakat, kami menghimbau warga untuk selalu saling dengar, saling melihat, saling berbagi. Intinya salinglah dan saling, suka duka kita jalani bersama," imbau tokoh masyarakat.

Dilokasi kebakaran juga tampak hadir 2 orang personil PLN dan personil polri dari Polsek Kota Payakumbuh serta sanak famili korban.ul