"Baralek Gadang Khatam Al Qur'an", SDN 04 Payakumbuh Miliki KS2A dan Sari Manis Musmega.

Kepala kankemenag sampaikan sambutan
IMPIANNEWS.COM, (Payakumbuh). 

Sebanyak 42 siswa SDN 04 Payakumbuh ikuti khatam al quran bersama 10 orang siswa peserta khatam Iqra' yang digelar TPQ Mushalla Ar Rahman yang terletak di Jalan Ade Irma Suryani sekitar 50 meter dari RSUD Adnaan WD ini. Suasana suka cita tergambar di wajah siswa dan walimurid yang anaknya ikuti khatam. Sebelum resepsi digelar di halaman SD bertingkat ini digelar, kegiatan telah diawali dengan pawai ta'ruf dengan iringan drumband milik SD 04 Payakumbuh yang dikepalai Armansyah ini.

Tampak hadir pada resepsi, Sabtu (27/01/2018) Walikota Payakumbuh diwakili Kadiknas, AH Agustion, Ketua DPRD, YB. Dt. Parmato Alam yang hadir bersama Ketua Komisi C, Ahmad Zifal, Kepala kankemenag Asra Faber yang hadir bersama Kasi PAIS dan Kasi PDPP, Kasat Binmas Polres, Erman dan pengawas SD serta Panitia khatam.

Dalam laporannya, Kepala SDN Payakumbuh, rmansyah menyebutkan bahwa khatam ini merupakan perhelatan khatam untuk yang kedua kalinya dilaksanakan di SDN 04 Payakumbuh. Armansyah juga paparkan rencana pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan dalam waktu dekat dan jangka panjang di SDN 04 Payakumbuh.

" Pelaksanan khatam di TPQ Mushalla Ar Rahman adalah yang kedua kalinya, walau mushalla kurang memamadai dibanding banyak siswa. Untuk TA 2017/2018 akan dilanjutkan pembanguna mushalla dengan biaya sekitar 1,2 M dengan target 3 tahun. Dengan Konsep Gerakan "Sari Manis Musmega" Gerakan seribu masing masing anak insyaallah mushalla bisa kita bangun megah. Saat sudah terkumpul dana lebih kurang 20 juta. Kita juga berharap peletakan batu pertama dilakukan oleh pemko dan kemenag. SDN 04 Payakumbuh juga punya Koperasi Syariah Sayang Anak (KS2A) yang didirikan oleh walimurid untuk kepentigan peserta didik," sebut Armansyah.

Kadiknas, AH Agustion yang dalam hal ini mewakili Walikota sampaikan apresiasi dengan terlaksananya perayaan khatam al qur'an di SDN 04 Payakumbuh.

" Kita sangat apresiasi di tahun kedua laksanakan khatam di TPQ SD 04 Payakumbuh. Tidak beberapa SD yang punya TPQ dan laksanakan khatam di sekolah. Hal ini harus dicontoh SD lain. Kegiatan ini linear dengan tusi kankemenag dan program pendidikan akhlak mulia yaitunya pendidikan karakter. Kita berharap aplikasi Perda Nomor 8 tahun 2010, diantaranya masuk SMP sederajat wajib memiliki piagam khatam. Lima tahun ke depan penguatan pendidikan nasional akan lebih kita galakkan pelaksanaannya dan telah mendapat persetujuan Komisi C khususnya terkait anggaran sarpras," sambut AH Agustion.

Kepala kankemenag, Asra Faber yang sangat mengenal kegiatan keagamaan di SDN 04 Payakumbuh menyebutkan bahwa sekolah ini hebat bersama komitenya.

" Komite hebat, Kepala sekolah dan guru berprestasi nasional. Dan hal ini merupakan nilai tambah serta magnet pendidikan, khususnya bagi walimurid. Kami berupaya bersama pemko untuk memajukan prestasi keagamaan, tidak hanya majukan madrasah tapi juga sekolah. Kita bangun bersama keagamaan di Payakumbuh. Kami sangat apresiasi sekali dengan pemko Payakumbuh , sejak bertugas di Payakumbuh, pemko sangat mendukung. Terobosan motivasi Hafidz berhadiah umrah, khatam al quran dilaksanakan di hari sekolah dan didukung semua unsur. Wajar saja otak orang Payakumbuh 5 Terhebat di Sumbar. Cara mengendalukan orang Hebat adalah agama, Ilmu dan imtaq. Payakumbuh kini menjadi kiblat pendidikan di Sumbar. Kita berharap Sekolah percontohan kegiatan keagamaan akan hadir  ditiap tingkatnya," sambut Asra Faber.

Ketua DPRD YB. Dt Parmato Alam dalam harapannya yang senada menambahkan harapan kepada siswa dan orangtua.
" Kepada siswa kami harapkan untuk meningkatkan pembelajaran pendidikan al qur'an ketingkat yang lebih sempurna. Mohon dukungan walimurid. Selain itu, pendidikan yang ada di Indonesia ini berjalan atas dukungan pemerintah, pihak penyelenggra pendidikan dan walimurid melalui komite. Apa saja yang akan dibangun di sekolah dan madrasah, kami sangat setuju sekali. Harapan kami, kalaupun ada bentuk sumbangan dari walimurid, kamiharapkan adanya transparansi dan akuntabilitas. Supaya jangan terjadi ketimpangan dan kesalahpahaman," pesan Ketua DPRD

Salah seorang walimurid yang anaknya ikut khatam, Maya (33) menjelaskan kepada kami.  
" Saat ini anak kami Andra Ananta sedang duduk dibangku kelas V.A. Kita senang anak telah ikut khatam dan tamat membaca al quran. Kita sengaja ikutkan khatam di kelas V, masalahnya saat kelas VI, anak-anakkita mulai sibuk hadapi UN. Padat kegiatan dan terkadang lupa membaca al quran.

Di TPQ Ar Rahman SDN 04 Payakumbuh, semua siswa SDN 4 Payakumbuh wajib mengaji di sekolah usai jam pelajaran. Para siswa diajar oleh Guru PAI, Syahnidar bersama 4 orang rekannya. Sebagaimana yang diterangkan sebelumnya oleh kepsek, Armansyah, bahwa mushalla Ar Rahman ini akan dibangun menjadi tiga lantai yang dikhususkan untuk pendidikan agama dan keagamaan di SDN 04 Payakumbuh.ul