2 MCK Plus di Kec. Lamposi Tigo Nagori (LATINA), Telah Diresmikan

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Setelah sebelumnya MCK+ yang terletak di lingkungan Mesjid Al Muttahidin, Ahad (31/12/2017) siang telah diresmikan pemakainan oleh Ketua DPRD, YB. Dt. Parmato Alam bersama Camat Latina, David Bachri dan tokoh masyarakat. Peresmian yang disaksikan masyarakat setempat juga dirangkai dengan kegiatan resepsi khatam al quran yang diikuti 60 santri TPQ Mesji Al Muttahdin.

Hal yang sama kembali dilaksanakan kemaren, Kamis (04/01/2018), yaitu peresmian pemakaian MCK + yang terletak dilingkungan Mesjid Ijtihad Kelurahan Padang Sikabu. Otomatis sudah 2 MCK + dibangun Pemko Payakumbuh di KAN Parambahan. MCK+ Ijtihad di kelurahan ini diresmikan langsung Walikota diwakili Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Marta Minanda bersama Camat Latina, David Bachri, Lurah, Mirawati, Ketua LPM, KSM dan didampingi Ketua KAN, Datuak Kaampek suku dan tokoh masyarakat lainnya.

Dalam sambutannya, Kadis Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Marta Minanda mengharapkan masyarakat agar memaksimalkan pemakaian MCK+.

" Menuju Kota Payakumbuh Sehat bebas jamban, MCK+ adalah salah satu solusinya. Manfaatkan maksimal dan pelihara bersama. Kita berharap keberadaan MCK+ ini dapat dirasakan maksimal. Kedepan kita fokuskan pada pembangunan perumahan rakyat, sanitasi dan jamban sehat. Dari data yang kita dapatkan, Kec. Latina merupakan kecamatan yang paling dahulu menyampaikan laporan terkait pembangunan MCK+ (jamban sehat). Data pertama masuk adalah Latina, Latina juga merupakan kawasan dengan swadaya masyarakat tertinggi. Ini adalah bentuk kepedulian masyarakat yang patuh diapresiasi tinggi. Terima kasih, kita bangun Payakumbuh dengan kepedulian bersama," apresiasi Marta Minanda sambil lakukan pemotongan

Sementara itu, harapan yang sama juga diungkapkan Camat Latina, David Bachri.

"Alhamdulillah, tahun anggaran 2017, Kec. Latina dapatkan 2 bangunan MCK+ dari Pemko Payakumbuh dan keduanya terletak di kelurahan Parambahan. Kita berharap MCK+ dapat digunakan semestinya. Kita juga berterima kasih atas sumbangsih swadaya masyarakat berupa lahan untuk pendirian MCK+ ini. Semoga tahun anggaran 2018 mendatang, kelurahan yang belum mendapatkan MCK+, bisa terrealisasikan," ungkap David.

Peresmian MCK+ Ijtihad ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Marta Minanda bersama Camat Latina. Rombongan juga melakukan peninjauan langsung MCK+ secara seksama bersama tokoh masyarakat.

Kepala Kelurahan Padang Sikabu, Mirawati yang juga ada dilokasi menambahkan, "sebagai wujud syukur dan terima kasih, kita akan gelar makan bersama sekaligus untuk meningkatkan hubungan silaturahim antara pemko Payakumbuh dengan masyarakat kenagarian Parambahan," sebut Mirawati.

Prosesi Peresmian MCK+ yang berlangsung hingga siang ini ditutup dengan shalat Dzuhur berjemaah dan dilanjutkan dengan makan siang bersama masyarakat.ul