Resmikan Manasik, Kakankemenag Ingatkan CJH Tigo Nagari

IMPIANNEWS.COM, (Pasaman ).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman mengingatkan calon jemaah haji (CJH) Kecamatan Tigo Nagari saat membuka resmi bimbingan manasik di Masjid Raya Tigo Nagari Rabu (6/12).

H.Abdel Haq mengingatkan agar mulai jauh hari CJH telah mempersiapkan jasmani dan rohaninya dengan baik. Tidak hanya materi, kesehatan jasmani juga rohaninya dengan semakin memperdalam ilmu-ilmu agama dan ibadahnya kepada Allah SWT guna meraih haji yang mabrur.

Kakankemenag mengatakan bahwa ibadah haji itu  membutuhkan persiapan yang matang karena relatif lebih berat pelaksanaaannya dibanding ibadah lain seperti shalat, zakat, ataupun puasa ramadhan.

“Ini berhubungan dengan jauhnya perjalanan, tingginya dinamika, serta banyaknya jamaah yang berkumpul di tanah suci”, ulasnya.

Seterusnya Abdel menjelaskan hal-hal penting yang  dipersiapkan itu diantaranya niat yang lurus karena Allah semata. Meyakini ibadah ini panggilan Allah. Seperti dalam firman Allah dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat ke 196 “sempurnakanlah haji dan umrohmu semata-mata karena Allah”.
Lalu, menurutnya adalah memahami ilmu manasik haji dan kesiapan untuk mengikuti petunjuk Nabi karena  harus jelas rujukannya, yaitu apa yang dikerjakan oleh Rasulullah SAW.
“Dalam mengerjakannya jangan mengada-ada atau sekedar ikut-ikutan”, tegasnya.

Berikutnya juga Ia menilai perlu persiapan fisik dan mental, karena perjalanan ibadah Rukun Islam kelima ini jauh ke Mekkah di saudi Arabia dan memakan waktu yang cukup lama, maka baik fisik maupun mental mesti disiapkan.

Penting kata Abdel Haq untuk menjaga kesehatan, juga dalam hal kesiapan mental seperti sabar, berani, toleran, siap untuk bantu membantu, rendah hati serta optimistik.

Leader Kemenag Pasaman itu juga mengajak agar CJH membersihkan diri, meminta maaf kepada tetangga dan sanak saudara, memperbanyak istighfar serta meningkatkan kualitas ibadah.

Kepala KUA Kecamatan Tigo Nagari Ilfa Jasri bersama Camat Tigo Nagari H. Darmawi SH turut menyampaikan bahwa bimbingan manasik sarat manfaat bagi CJH, akan memberi kemudahan dalam menunaikan ibadah.

Dari manasik, Ilfa Jasri mengatakan calon jemaah akan mengetahui dan memahami tata cara ibadah haji sesuai syariat Islam dan bekal-bekal yang perlu disiapkan sebelum mengerjakan haji di tanah suci.

Diinformasikannya juga jumlah CJH yang mengikuti bimbingan manasik sebanyak 24 orang, dilaksanakan bekerjasama dengan IPHI kecamatan dan akan berlangsung hingga akhir bulan februari mendatang. (suf78)