DW UNIT AGAMA GELAR LOMBA MASAK NON BERAS

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh).

Meriahkan HAB Kmenterian Agama ke 72, Ketua DW Unit Agama Kota Payakumbuh, Hafni Yendri Asra Faber bersama kepengurusan dharma wanita unit agama kankemenag menggelar lomba masak dengan bahan dasar non beras, Selasa (12/12). Adapun bahan dasar yang dipakai berupa jagung. Lomba ini dipusatkan di aula kankemenag yang diikuti sebanyak 14 tim dari jajaran kankemenag, untuk 1 tim terdiri dari 3 orang. Selain itu, pejabat jajaran kankemenag juga dianjurkan pimpinan untuk hadir dalam lomba ini.

Sebagaimana diterangkan ketua DW Unit Agama, Hafni Yendri, lomba membuat makanan dengan bahan dasar jagung ini dikuti 14 tim.

" Dengan lomba ini diharapkan anggota dharma wanita bisa melahirkan kreatifitas dalam menciptakan penganan yang berbahan dasar jagung. Kegiatan ini juga merupakan bentuk implementasi program PKK. Dengan lomba ini, diharapkan dharma wanita bisa menjadikan keahlian ini sebagai income keluarga alias tambahan belanja keluarga," harap Hafni Yendri

Ditambahkan ketua pelaksana, Reni Deswita Elizar, dari 14 tim peserta lomba ini akan menyajikan 14 ragam kreasi.

" Tampak dari 14 tim peserta lomba akan menyajikan olahan jagung menjadi orek-orek jagung manis, uni corn, jagung kukur fariagi, jagung jelly coklat, puding jagung, bola jagung, corn special, empek-empek jagung, bolu kukus jagung, corn soup, pregedel jagung, kroket jagung, donat jagung dan nugget jagung, lepat jagung. Semuanya tim sangat kreatif," punggah Reni DE.

Sementara itu dewan juri lomba, Marheniza dalam arahan lomba menjelaskan, bahwa dewan juri dalam melakukan penilaian akan meninjau sekaligus menilai beberapa aspek.

" Kita akan nilai mulai dari proses persiapan, meliputi kesiapan peralatan, pakaian kerja dan pembuangan sampah. Proses pembuatan, meliputi langkah kerja dan kebersihan dan terakhir penilaian hasil, meliputi proses dan penyajian, pengolahan rasa dan warna. Insyaallah kita akan menilai objektif," papar Guru SMKN 3 Payakumbuh ini.

Lomba yang berlangsung sekitar 120 menit ini, para peserta berupaya maskimal menghasilkan kreasi terbaik timnya. Dalam lomba ini, tim kemenag yang diketuai Lidya Fitri dengan kreasinya jelly jagung coklat, berhasil juarai lomba masak berbahan jagung. Disusul posisi kedua tim KUA Kec. Payakumbuh Utara, yang diketuai Helda dengan kreasinya nugget jagungnya. Sedang posisi ketiga diraih tim PAIF yang diketuai Husna dengan kreasinya uni corn. (ul)