Wagub Audy dan Bupati Safaruddin Tinjau Pelaksanaan Taratak SIGESID

.

IMPIANNEWS.COM

Limapuluh Kota, – Persentase stunting di Indonesia sekitar 24,4 persen, di Sumatera Barat sekitar 23,3 persen dan di Limapuluh Kota masih sekitar 28,2 persen. Tapi dengan adanya inovasi seperti yang dilakukan Puskesmas Dangung-Dangung di Jorong Taratak Nagari Kubang, persentase stunting hanya berkisar 3 persen. Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy didampingi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo saat melakukan peninjauan Posyandu Aktif Taratak SIGESID di Jorong Taratak, Nagari Kubang, Kecamatan Guguak, pada Senin (19/12/2022).


Dikenal dengan inovasi Taratak SIGESID (Kemitraan Pos Pelayanan Terpadu, Pos Binaan Terpadu, Penyakit Tidak Menular, Puskesmas Keliling Berintegrasi Dengan Mesjid), kegiatan ini merupakan integrasi kegiatan Posyandu balita dan ibu hamil, Posyandu lansia dan Posbindu PTM yang dilakukan di mesjid dengan harapan mewujudkan masyarakat yang sehat dan madani.


Dilanjutkan Audy, kehadiran posyandu aktif dapat berkontribusi dalam penurunan stunting di Sumbar khususnya Kabupaten Limapuluh Kota. Karena itu dia mengajak seluruh  kader PKK, Puskesmas serta seluruh stakeholder terkait untuk terus memberikan sosialisasi dan edukasi mengenai stunting kepada masyarakat. "Kita sangat mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan oleh Puskesmas Dangung-Dangung, terutama Kepala Puskesmas Dangung-Dangung Ibu Leli Ekarita melalui inovasi Taratak SIGESID. Kegiatan Posyandu balita yang terafiliasi dengan berbagai macam pelayanan kesehatan", ucapnya.


Senada dengan Wakil Gubernur Audy Joinaldy, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo juga menjelaskan bahwa masalah penanganan stunting merupakan program nasional yang harus disukseskan secara bersama-sama. Sehingga inovasi seperti yang telah dilaksanakan oleh Puskesmas Dangung-Dangung ini sangat dibutuhkan. "Ayo kita sinergikan dan berdayakan Posyandu yang ada di nagari-nagari dalam menekan angka stunting di Kabupaten Limapuluh Kota", himbau Bupati Safaruddin.


Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy bersama Bupati Safaruddin berkesempatan melihat langsung pelaksanaan Posyandu balita yang juga didampingi Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Helmi Setiawan, Ketua TP-PKK Kabupaten Limapuluh Kota, Nevi Safaruddin, Camat Guguak Muftil Wahyudi, Wali Nagari Kubang Heri Nelson, serta tokoh masyarakat.(014)

Posting Komentar

0 Komentar