Ketua IKK Jakarta Sumbangkan Umrah Untuk Pemenang Lomba Tahfiz SMAN 3 Payakumbuh

Joni Hendri

IMPIANNEWS.COM

Payakumbuh, fajarsumbar.com - Suasana haru biru terpancar diraut wajah 70 peserta lomba tahfiz SMAN 3 Payakumbuh. Disamping mengharap berkah dan ridho dari Allah SWT, para hafiz/ah ini juga mendapatkan rewar dari donatur dan rewar yang sudah disiapkan panitia pelaksana lomba.


Suasana bahagia tampak sangat di wajah Annisa Fitri, Kelas XI MIPA 5 yang tampil sebagai juara umum setelah mengantongi nilai tertinggi hafizah 12 juzz, yakni 96. Tiada menyangka, Annisa Fitri mendapatkan hadiah umrah dari Ketua Ikatan Keluarga Koto nan Gadang (IKK) Jakarta, H. Joni Hendri. Insya Allah, Annisa Fitri akan berangkat umrah melalui biro travel AET Travel Bulan Desember 2022, ini.


Joni Hendri mengatakan bersedia memberikan hadiah utama berupa tiket umroh karena ingin memotivasi agar siswa SMAN 3 Payakumbuh yang mayoritas adalah anak kemanakan warga Koto Nan Gadang Kota Payakumbuh dan sekitarnya untuk mencintai Alquran. Dia ingin di Kota Payakumbuh lahir generasi-generasi yang tidak saja unggul intelektual tapi juga menyintai Al Quran. 


Joni Hendri sampaikan rasa haru dan irinya. 


"Saya Terharu dan iri dengan orang tua murid,"ungkap Joni Hendri, Senin(31/10/2022)


"Begitulah yan saya rasakan saat menghadiri undangan dari SMN 3 Payakumbuh dalam acara tafiz Al-Qur’an pada hari Sabtu tlg 29 Oktober. Sejak prosesi arak-arakan para tafiz/ah memasuki ruang prosesi wisuda, rasa haru tersebut mulai menyelimuti hati ini,  dan bangga atas prestasi anak-anak. Selesai acara prosesi wisuda maka orang tua murid dipanggil untuk mendampingi anak-anaknya, saat inilah paling mengharukan tanpa terasa air mata mengalir,"ungkapnya.


"Iri terhadap orang tua" mereka karena di sekolah negri mereka mendapatkan putra-putri yang juga tafiz Qur’an serta masih menikmati tumbuh kembang anak disampingnya, sedangkan kami untuk mencapai hal yang sama harus berpisah dengan putra kami (mengirimnya ke pondok pesantren) yang tentunya bukan perkara yang mudah berpisah dengan yang baru lulus SD. Semoga semua SMA di Payakumbuh pada umumnya akan melakukan hal yang sama agar kita mempunyai cadangan generasi-generasi yang pinter dan berkarakter,"imbuhnya.


Bersyukur kita terlahir di lingkungan ranah Minang yang Falsafah Adat Basandi Syara, Syara Basanding kitabullah. Merupakan filosofi hidup yang di pegang dalam masyarakat Minangkabau, yang menjadikan ajaran Islam sebagai satu satunya landasan dan atau pedoman tata pola perilaku dalam berkehidupan. Pada kesempatan yang mulia ini kami diberikan kesempatan oleh ibu kepala sekolah ibu Irma Takarina (yang juga guru kami saat kami di SMA dulu) untuk berbagi kebahagiaan dengan menghadiahkan paket umroh, tentunya hal ini moment yang sangat berharga bagi kami. Insya Allah pada bulan Desember ini akan diberangkatkan. Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh para pemanggku kepentingan atas upayanya mendidik anak kemanakan kita untuk menjadi pribadi yang berkarakter,"ungkap Joni Hendri.


Sebelumnya, Kepala SMAN 3 Payakumbuh, Hj. Irma Takarina dan jajaran menggelarbwisuda tahfiz yang diikuti 70 anak, dengan rincian peserta wisuda tahfizd, 12 juz 1 siswa, 10 juz 1 siswa, 6 juz 1 siswa, 4 juz 1 siswa, 3 juz 12 siswa, 2 juz 12, dan 1 juz sebanyak 43 siswa. Lomba ini menghadirkan juri Akhlakul Imam hafiz 30 juz dan dibantu sejumlah guru. Wisuda tahifdz dilangsungkan selama 3 hari, Kamis, Jumat dan puncaknya Sabtu (27-29/10/2022).


Acara puncak wisuda tahifidz dihadiri Gubernur Sumbar yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Pendidikan Sumbar, H. Barlius, Wakil Ketua DPRD Sumbar H. Irsyad Syafar, Walikota Payakumbuh diwakili Kabag Kesra Efrizal, Kacab Dinas Pendidikan Wilayah IV Sumbar, Asricun, Anggota DPRD Kota Payakumbuh Wirman Putra Dt. Rajo Mantiko Alam dan Mustafa, pengusaha sukses Payakumbuh H. Erizal Garuda, para Kepala SMA/SMK se-Kota Payakumbuh dan tamu undangan lainnya.


Kesempatan itu, para undangan VIP sampaikan rasa bangga dan aptesiasi kepada peserta wisuda tahfiz, orangtua dan guru di SMAN 3 Payakumbuh. Baru 9 bulan diamanahi menjadi kepala SMAN 3 Payakumbuh, Kepala sekolah berhasil mewisuda tahfiz 70 orang siswa.


Prosesi pemindahan jambul oleh Kadis Pendidikan Sumbar, H. Barlius bersama undangan VIP.


Kesempatan itu, Kepala Kanwil Diknas Sumbar berpesan kepada para hafiz/ah. "Jika melakukan hal-hal negatif, maka hafalan itu akan hilang dengan sendiri . Bahkan hafalan itu hilangnya lebih cepat dari lari unta. Di mana lari unta jauh lebih kencang dari pada lari kuda. Begitu perumpaan jika seseorang hafiz dan hafizah tidak menjauhkan dirinya dari hal-hal negatif. Hafalan Alquran juga akan membimbing seseorang untuk selalu berada di jalan yang benar,"pesan Barlius.


Kepsek Irma Takarina mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Ketua IKK Joni Hendri yang telah menyumbang hadiah utama berupa tiket umroh. Dia sangat bangga dengan kesuksesan dan perhatian besar Joni Hendri terhadap kemajuan kampung halamannya Koto Nan Gadang dan Kota Payakumbuh pada umumnya. Joni Hendri adalah siswa Irma Takarina saat masih bertugas di SMAN 2 Payakumbuh yang dulu bernama SMAN 3 Payakumbuh di Bukit Sitabur.


"Terima kasih atas perhatian dan bantuan hadiah utamanya Pak Joni Hendri. Semoga selalu sehat dan sukses," kata Irma.


Berikut ini nama-nama para Juara Wisuda Tahfidz SMAN 3 Payakumbuh:

Juara Umum: Annisa Fitri, Kelas XI MIPA 5 dengan jumlah nilai 96.

Terbaik 1 : Farhan, Kelas XI IPS 1 dengan jumlah nilai 95.

Terbaik 2 : Muhammad Farid, Kelas X E 2 dengan jumlah nilai 94.

Terbaik 3 : Rahmat Danil, Kelas X E 1 dengan jumlah nilai 93.

Terbaik 4 : Suci Ramadhani, Kelas X E 11 dengan jumlah nilai 92

Terbaik 5 : Audina Fitria XI MIPA 5,dengan jumlah nilai 91.5.

Terdisiplin : Alfikri Fadhlullah Ridwan, Kelas XI IPS 2.(ul)

Posting Komentar

0 Komentar