Sosialisasi Karakteristik Tanah di Nagari Sungai Antuan oleh Mahasiswa KKN Unand

Oleh: Clara Rahayu

IMPIANNEWS.COM

Artikel - Mahasiswa Universitas Andalas angkatan 2019 mulai melaaksanakan KKN tanggal 25 Juli 2022. Mahasiswa disebar diberbagai Nagari yang ada di Sumatera Barat selama 34 hari. Salah satu Nagari yang menjadi tempat KKN yaitu Nagari Sungai Antuan yang berada di Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota. Jumlah mahasiswa yang KKN di Nagari Sungai Antuan ada 26 orang yang terdiri dari 17 orang perempuan dan 9 orang laki- laki dari berbagai jurusan.

Nagari Sungai Antuan ini mulanya merupakan bagian dari Nagari Mungka, hingga dimekarkan menjadi Nagari tersendiri terpisah dengan Nagari Mungka. Saat ini, Nagari Sungai Antuan terdiri atas 5 jorong. Kelima jorong itu adalah Jorong Simpang Tiga Kenanga, Jorong PKB, Jorong Lubuak Simato, Jorong Pincuran Tujuah dan Jorong Labuah Lintang. Sebagian besar dari mata pencaharian masyarakat Sungai Antuan adalah petani.

Salah satu Mahasiswa KKN, Clara Rahayu dari Fakultas Pertanian Unand yang bertempatan di Nagari Sungai Antuan ini membuat program kerja mengenai sosialisasi kepada kelompok tani tentang karakteristik tanah yang ada di Nagari Sungai Antuan. Dengan tujuan agar masyarakat bisa mengetahui karakteristik tanah untuk pertanian sehingga lebih mudah dalam mengolahnya, karena di Nagari tersebut adanya masalah mengenai kurangnya pengetahuan tentang pengolahan lahan. Dalam membuat program yang akan dilakukan oleh mahasiswa kepada masyarakat lokasi KKN tersebut maka dibutuhkan analisis-analisis apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakatnya.

Sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2022 di salah satu rumah Mahasiswa KKN yang berada di Jorong PKB. Sosialisasi tersebut dilaksanakan sore hari dengan mengundang kelompok tani dan dibantu oleh teman KKN yang lain. Pada saat penjelasan karakteristik tanah ini kelompok tani cukup antusias karena ada pembagian poster peta jenis tanah yang dibuat teman KKN yang merupakan program kerjanya sehingga kelompok tani jadi lebih mudah paham.

Posting Komentar

0 Komentar