BUKU BERJUDUL MENGELOLA HARAPAN DIBEDAH DI UNP

 

Impiannews.com

Padang,----Buku Berjudul Mengelola Harapan: Refleksi Praktik Pendidikan dan Budaya, yang ditulis oleh Tatang Muttaqin, Ph.D (Direktur Pendidikan dan IPTEK) Kementerian BPN/ Bappenas. Acara bedah buku ini dilakukan secara daring oleh UNP/ Kamis 28 Oktober 2021 dan juga disiarkan melalui live youtube.


Bedah buku menghadirkan Rektor UIN Imam Bondjol Padang, Prof Dr Martin Kustati, M.Pd sebagai penelaah  yang membahas sisi pendidikan dari buku ini dan penerapannya dalam konteks pendidikan, sehingga buku ini sangat memberi pengguatan bagi pembaca, kata Rektor baru UIN Iman Bonjol periode 2021-2025 ini.


Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D sebagai Penelaah kedua menyampaikan materi dengan judul Mengelola Harapan: Inspirasi, Kearifan dan Pembelajaran, dikatakan” Buku Karangan Tatang Mutaqqin telah mampu memberikan spirit berupa inspirasi bagi pembaca, karena memberikan pengetahuan dan semangat untuk terus menggapai harapan. Juga banyak kearifan berdasarkan cerita dan pengalaman penulis yang bisa dipetik dan dijadikan refleksi untuk maju menatap masa depan dan sekaligus buku ini juga merupakan salah satu buku yang mesti dibaca oleh kalangan orang tua, dan pendidik, pembuat kebijakan. Selain itu ada tiga dimensi dari cerita hidup ini, yaitu dari sisi psikologis adalah bagaimana daya juang penulis dalam menuntut ilmu di luar negeri, secara sosiologis adanya pendidikan budaya dan mengenal lingkungan sosial masyarakat lain serta secara religius juga berisi pengalaman rohani penulis yang bisa diakomodasi untuk pengguatan nilai keagamaan”.


Di bagian akhir kegiatan bedah buku ditutup dengan sepatah kata dari penulis Tatang Muttaqin, Ph.D yang menjelaskan tujuan buku ini ditulis dan bagaimana pengalamannya dalam pendidikan serta kisah perjalanannya yang juga banyak tantangan dalam memperjuangkan harapan. (Er/ Humas UNP).


Post a Comment

0 Comments