Tingkatkan Kapasitas Masyarakat Kurangi Risiko Bencana, BPBD dan Relawan Kebencanaan di Padang Bahas Pelaksanaan Jambore PRB 2021



IMPIANNEWS.COM

PADANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang bersama Forum Kelompok Siaga Bencana (FKSB) Kota Padang, menggelar rapat membahas persiapan pelaksanaan kegiatan Jambore Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Kota Padang tahun 2021.

Rapat yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan BPBD Kota Padang, Aie Pacah, Kamis (24/6/2021) itu, dibuka oleh Kalaksa BPBD yang diwakili Sekretaris BPBD Robert Chandra Eka Putra.

Juga hadir dikesempatan itu Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan (PK) BPBD Padang Henry Gani, Kasi Pencegahan BPBD Rita Sumarni serta Ketua FKSB Kota Padang Januar dan Ketua FKSB seluruh kecamatn serta unsur terkait lainnya.

Dikatakan Robert, dalam waktu dekat pihaknya membenarkan akan menggelar kegiatan Jambore PRB tingkat Kota Padang. Sebagaimana tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kapasitas insan dan relawan kebencanaan di Kota Padang dalam upaya penanggulangan bencana.

"Sesuai hasil rapat kali ini, insya Allah Jambore akan kita selenggarakan pada September 2021. Untuk dimana lokasinya masih menunggu kesepakatan pada rapat selanjutnya," ungkap Robert.

Robert mengatakan, Jambore PRB tersebut memiliki arti penting. Di samping ajang silaturahim dan 'sharing' informasi antara sesama insan, relawan dan unsur BPBD Kota Padang, juga bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan mencerdaskan masyarakat dalam mitigasi bencana. 

"Sehingga berdampak dalam mengurangi risiko bencana. Sekaligus menuju masyarakat yang inklusif dan bersahabat dengan lingkungan. Semoga dengan itu penanggulangan dan penanganan bencana di Padang senantiasa berjalan dengan baik" ujarnya.

Senada dengan itu Kabid PK BPBD Padang Henry Gani menyebutkan bahwa Jambore PRB yang bakal digelar tersebut merupakan yang pertama kalinya dilakukan untuk di tingkat Kota Padang. 

"Jambore ini pesertanya dari masyarakat selaku insan dan relawan kebencanaan di tiap kecamatan se-Kota Padang. Ajang ini juga persiapan bagi kita mewakili Kota Padang untuk mengikuti Jambore tingkat provinsi nantinya," sebutnya.

Ia menerangkan, adapun beberapa kegiatan yang akan dilakukan pada Jambore PRB nantinya mulai dari lomba manajemen posko, lomba penyuluhan penanggulangan bencan hingga cerdas cermat. Panitia pun sudah menyiapkan 'reward' bagi para pemenang.

"Hasil jambore nanti tentu akan terpilihnya orang-orang yang akan diutus sebagai perwakilan Kota Padang untuk mengikuti jambore tingkat provinsi. Jadi ajang ini juga sambil menjaring peserta terbaik," harap Henry.(David)

Posting Komentar

0 Komentar