Lewat DEA, Pemko Padang Didukung BBPSDMP Medan Majukan Sektor UMKM


IMPIANNEWS.COM

PADANG - Angin segar kali ini berhembus bagi dunia usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Padang. Pasalnya, sektor UMKM di ibukota provinsi Sumatera Barat (Sumbar) itu tengah diarahkan memanfaatkan peluang di era digitalisasi saat ini.

Hal itu mengemuka dalam kegiatan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang digelar Pemko Padang melalui Dinas Kominfo didukung Dinas Koperasi dan UMKM bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BBPSDMP) Kominfo Medan di Hotel ibis Padang, Rabu (23/6/2021). 

Kegiatan yang diikuti sebanyak 70 orang pelaku UMKM di Kota Padang dan berlangsung selama 23-24 Juni 2021 itu pun dibuka secara resmi Wali Kota Padang yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Endrizal, Rabu (23/6/2021).

Hadir langsung di kesempatan itu Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Irbar Samekto, Kepala Diskominfo Padang Rudy Rinaldy, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Padang Syuhandra serta unsur terkait lainnya.

"Alhamdulillah, kegiatan DEA ini merupakan kegiatan luar biasa yang dikembangkan oleh BBPSDMP Kominfo Medan. Hal tersebut sangat dibutuhkan sekali oleh para pelaku UMKM berkaitan dengan kondisi dan situasi saat ini yang serba memanfaatkan digitalisasi. Alhamdulillah kita tentu sangat menyambut baik, hal yang sama juga dilakukan saat ini di Kota Padang," ungkap Endrizal.

Ia melanjutkan, melalui kegiatan DEA kali ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di Kota Padang. Termasuk juga di dalamnya terdapat kerjasama UMKM Medan dengan Padang. 

"Produk UMKM Medan bisa dipasarkan di Padang dan begitu juga sebaliknya. Ini bisa dikemas dalam bentuk digital sehingga saling menguntungkan," lanjutnya.

Endrizal menyebutkan terkait UMKM di Kota Padang sejatinya telah bergerak ke arah digitalisasi dengan sekitar 12 persen peningkatan digitalisasinya. 

"Kita sama-sama melihat dan merasakan bahwa ekonomi khususnya sektor UMKM sempat anjlok akibat pandemi Covid-19. Kita tentu berharap, melalui perkembangan pemanfaatan digitalisasi saat ini sektor UMKM kita akan terus bergerak bangkit kembali," tuturnya.

Sementara itu Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Irbar Samekto menyebutkan kegiatan DEA tersebut merupakan program dari Digital Talent Scholarship Tahun 2021 dari Kementerian Kominfo. Alasan memiliki Kota Padang untuk kegiatan ini dikarenakan daerah tersebut dikenal memiliki UMKM yang cukup banyak.

"Pada kegiatan DEA di Kota Padang kali ini kami mengajak para pelaku UMKM untuk bisa ikut bersama-sama beradaptasi dalam pemanfaatan dunia digital. Tujuannya tentu bagaimana meningkatkan kapasitas produksinya," sebutnya.

Menurutnya, memperbanyak dan mengembangkan UMKM yang berbasis digital juga menjadi faktor penting yang tidak boleh dikesampingkan di era kehidupan saat ini. Hal itu juga memerlukan sinergitas antara UMKM, pemerintah, dan stakeholder dalam meningkatkan peranan UMKM digital bagi penguatan ekonomi domestik maupun nasional.

"Jadi semoga melalui DEA ini akan meningkatkan kapasitas pelaku atau pengelola UMKM di kota ini. Selain memberikan motivasi kita juga mengajak mereka untuk mampu mendesain produk dengan pemanfaatan digitalisasi. Salah satunya melalui media sosial yang banyak digunakan orang saat ini," bebernya.(David)

Posting Komentar

0 Komentar