Wako Hendri Septa Buka Kegiatan Koordinasi Lembaga Adat se-Kota Padang

IMPIANNEWS.COM

Padang - Diminangkabau lembaga adat adalah salah satu lembaga sosial yang berfungsi sebagai wadah tempat penyaluran aspirasi bagi komunitas adat, dan erat hubungannya dengan pelestarian nilai adat, serta kepentingan adat itu sendiri. Peran lembaga adat sangat strategis untuk pengembangan seni dan budaya serta memberikan ilmu pengetahuan dilingkungan masyarakat. Dengan tertatanya dengan baik apa yang ada di lembaga adat tersebut dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

Digelarnya kegiatan Koordinasi lembaga adat melibatkan seluruh pemangku adat se_Kota Padang bertujuannya untuk mencari solusi permasalahan yang ada ditengah masyarakat seperti kemiskinan, pengangguran dan kenakalan remaja, tauran. permasalahan tersebut bermuara dan tentu berdampak kepada ekonomi masyarakat. Oleh sebab itu peran dari lembaga adat sangat diharapkan kata walikota Padang H.Hendri Septa saat membuka kegitan koordinasi Lembaga Adat di Hotel Kyriad Bumiminang, Selasa ( 25 Mei 2021).

Selanjutnya Hendri Septa mengatakan, Keberagaman budaya yang ada di tengah masyarakat Indonesia seharusnya dikelola dengan baik dan mendapat perhatian serius dari Pemerintah. Setiap kepentingan dan kebutuhan masyarakat yang mempunyai budaya dan adat istiadat yang berbeda harus dipenuhi dan diselaraskan dengan kepentingan masyarakat itu.

Kebudayaan adat merupakan faktor yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, karena hal tersebut menjadi identitas dari setiap orang sebagai individu dengan status makluk sosial", Kata Hendri Septa.

Lebih lanjut disebutkan Hendri Septa, Kekakayan budaya yang dimiliki Minangkabau sangat beragam, ini merupakan potensi yang sangat besar untuk digarap dapat menghasilkan dan meningakatkan ekonomi masyarakat. Minangkabau sarat dengan adat istiadat untuk bisa diberdayakan menjadi pendapatan serta meningkatkan ekonomi masyarakat khusunya di Kota Padang. Walaupun dimasa Pandemi Covid-19 Pemerintah Kota Padang terus berupaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui seni dan budaya.

Hendri Septa memberikan apresiasi kepada Ninik mamak, Alim Ulama,Cadiak Pandai, Bundo Kanduang perannya sangat besar dalam menguatkan serta mempertahankan nilai adat serta kemajuan lembaga adat yang telah membudaya dalam kehidupan masyarakat dikenal dengan kulinernya rendang,seni tari silat, Pelaminan minang, pakaian minang yang dikenal baju kurung basiba tentu bisa diberdayakan menjadi pendapatan masyarakat.

Pada kesemptan yang sama Walikota Padang Hendri Septa melauli Dinas Pendidikan akan  memberikan ekstrakurikuler bagi siswa SD dan SMP untuk mengetahui lebih dalam tentang adat istiadat ke kantor KAN, LKAAM yang ada di setiap kecamatan di Kota Padang. Tujuan para sisiwa memahami dan lebih mengerti tentang adat.

Selanjutnya kepala Bagian Kesra Kota Padang Fuji Astomi melaporkan, tujuan dari kegiatan Koordiansi lembaga adat ini di laksankan untuk meningkatkan peran dan tugas lembaga adat di Kota Padang. Serta sebagai pembina melestarikan seni budaya adat yang berkualitas, profesional, kreatif,inofatif sebagai motor pengerak bagi generasi muda. kegiatan ini di ikuti sebanyak 100 orang Peserta. (Zal)

Post a Comment

0 Comments