Pemko Padang dan Pelindo II Bahas Pembangunan Maritim Center

IMPIANNEWS.COM

PADANG - Pemerintah Kota Padang bersama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Teluk Bayur, Kamis (27/5/2021), menggelar pertemuan membahas rencana pembangunan 'Maritim Center' yang berlokasi di Pelabuhan Muara Sungai Batang Arau Kota Padang.

Dalam pertemuan yang dilangsungkan di Ruang Rapat PT Pelindo II Teluk Bayur itu, hadir langsung Wali Kota Padang Hendri Septa didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mairizon beserta jajaran. 

Selain Plh GM PT Pelindo II Teluk Bayur Sabar Hariono, juga hadir dikesempatan itu Kepala Kantor KSOP Kelas II Teluk Bayur Letkol Mar Agus Winartono. Juga dihadirkan Mr. Michell Rohmann selaku 'hydrologist' dari GIZ-Jerman/Center for International Migration and Development (CIM) yang saat ini berada di Padang sebagai 'integrated expert' mendukung program Waste Management of Batang Arau River (pengelolaan limbah sungai Batang Arau) di Kota Padang.

Wali Kota Padang mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang sangat menyambut baik rencana pembuatan Maritim Center tersebut. 

"Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi PT Pelindo II Teluk Bayur yang telah berkenan mendukung pembuatan Maritim Center sebagai bentuk perhatian dari BUMN untuk Kota Padang," ungkap wako kepada wartawan usai pertemuan.

"Alhamdulillah, dalam pertemuan ini telah tercapai kesepakatan bersama, dimana untuk pembangunan Maritim Center insya Allah kita Pemko Padang akan didukung oleh PT Pelindo II Teluk Bayur dan juga pihak terkait lainnya. Administrasinya sekarang tengah kita siapkan dan semoga dalam waktu dekat akan kita serahkan ke Pelindo untuk ditindaklanjuti progres selanjutnya," sebutnya.

Wako Hendri juga menyebutkan, dengan hadirnya Maritim Center nantinya akan menjadikan Pelabuhan Muara atau kawasan Sungai Batang Arau menjadi destinasi wisata baru di Kota Padang. Selain itu juga menjadi sarana penunjang pariwisata di Kota Padang. Karena diketahui, Pelabuhan Muara telah menjadi titik menuju sejumlah pulau, terutama Mentawai.

"Kita juga bersyukur atas adanya bantuan saat ini dari Pemerintah Jerman dengan hadirnya Mr. Michell Rohmann di Kota Padang. Beliau berperan dari keilmuannya membantu membersihkan dan memperbaiki kualitas air di sungai-sungai Kota Padang terutama sungai Batang Arau."

"Jadi nanti akan sejalan, di samping pembangunan Maritim Center, air di sungai Batang Arau pun akan bersih dan indah. Semoga memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata dan perekonomian di Kota Padang," harap wako bersemangat. 

Sementara itu, Plh GM PT Pelindo II Sabar Hariono menyebutkan untuk pembangunan Maritim center pihaknya sudah mengkoordinasikan dengan Pemko Padang dan Kementerian BUMN.

Ia menyebutkan, untuk penunjangnya Kementerian Pekerjaan Umum melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V juga akan mendukung untuk normalisasi Batang Arau berupa pengerukan. Sementara untuk pembangunan kawasan dilakukan oleh Pelindo.

"Jadi tujuan utama pembangunan Maritim Center ini adalah bagaimana Pelindo II ikut mendukung hadirnya destinasi wisata baru di Kota Padang. Semoga dalam waktu dekat pembangunannya bisa kita laksanakan," imbuhnya.(David)

Posting Komentar

0 Komentar