Sekretaris Bapenda Kota Padang Syukral Syaukani,"Pesantren ramadhan digelar di Kota Padang untuk pelajar, agar generasi muda dekat dengan Allah, Al-Qur'an dan Rasul"

IMPIANNEWS.COM

Padang : Pemerintah Kota Padang secara serentak di seluruh Masjid dan Mushalla kembali menggelar pesantren Ramadhan bagi pelajar SD dan SMP. Pada tahun 2020 sempat ditiadakan karena sedang berlangsungnya pandemi COVID-19.

"Pelaksanaan pesantren Ramadhan tahun ini dipusatkan di masjid dan mushalla mulai 18 April hingga berakhir 6 Mei 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Meskipun di bulan Ramadhan saat ini kita ditimpa musibah Covid-19, Pemerintah Kota Padang tetap berkomitmen untuk melaksanakan pesantren ramadhan. Pesantren ramadhan dilaksanakan bertujuan agar generasi Islam di Kota Padang  mendapatkan pemahaman keagaman yang baik, dekat dengan Allah, Al-Qur'an dan Rasulnya. hal ini di ungkapkan oleh Sekretaris Bapenda Kota Padang Syukral Syaukani, SE,MM,Ak,AAP A,CA saat membuka pesantren ramadhan di Masjid Darul Hikmah Pengambiran Ampalu Kecamatan Lubuk Begalung Padang, Minggu (18 April 2021).

"Lebih lanjut di katakan Syukral, melalui pesantren Ramadhan dengan tema membentuk generasi yang sehat, kuat, taat dan beradat bagi generasi muda. Untuk itu diharapkan kepada peserta pesantren ramadhan harus mampu membangun dan  memahami penerapan nilai agama dan nilai budaya Minangkabau melalui capaian kompetisi yang relevan setiap mata pelajaran di pesantren ramadhan.

Dalam pelaksanaan Pesantren Ramadhan kali ini diharapakan kepada guru Pembimbing yang telah ditugaskan oleh Dinas Pendidikan Kota Padang untuk mengawasi anak-anaknya agar ketika Pesantren ramadhan digelar betul-betul fokus. Tak hanya guru, pengurus dan jemaahpun diimbau untuk mengawasi anak- anak",Ujar Syukral.

"Selesai pesantren ramadhan, peserta didik harus dapat memahami konsep 'adat basandi syara’, syara’ basandi kitabulllah itu,' dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.Sehinnga menjadikan generasi muda yang bertagwa, beriman nantinya", Paparnya.

"Syukral mengulas, jumlah siswa dan siswi SD/SMP yang mengikuti  pesantren Ramadhan di Masjid Darul Hilmah Pengambiran Ampalu sebanayak 144 orang , guru pendamping 20 orang.

"Selanjutnya dijelaskan Syukral, siswa SMP yang akan mengikuti pesantren Ramadhan dari pukul 04.30 WIB hingga pukul 09.30 WIB. Sedangkan siswa SD dari pukul 09.45 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

Oleh sebab itu diharapkan kepada para pelajar agar mengikuti pesantren Ramadhan ini dengan baik dan sungguh-sungguh. Pemerimtah Kota Padang telah membekali buku agenda Ramadhan untuk mencatat semua kegiatan yang diikuti. Dan ini membuktikan keseriusan Pemko Padang dengan generasi muda untuk menjadikan generasi yang berakhlak sehingga generasi tersebut dapat membentengi dirinya", Tutur Syukral. (Zal)

Posting Komentar

0 Komentar