Pokdarwis Gunuang Padang Diharapkan Gali Potensi Wisata

IMPIANNEWS.COM

PADANG : Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian di kunjungi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gunuang Padang. Kunjungan Pokdarwis Gunuang Padang ini dijamu oleh Arfian di ruang kerjanya. Senin, (22/3/2021). 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Arfian menyambut baik kedatangan Pokdarwis Gunuang Padang. Pembinaan Pokdarwis sebagai upaya peningkatan kapasitas, peran inisiatif masyarakat sebagai subjek atau penerima manfaat dalam pengembangan kepariwistaan ​​berkelanjutan. Pokdarwis merupakan kelembagaan masyarakat pelaku pariwisata yang mendukung terciptanya iklim kondusif bagi pertumbuhan pariwisata. Selain itu, Pokdarwis berkontribusi dalam terwujudnya SAPTA PESONA dalam meningkatkan pembangunan daerah melalui kepariwisataan.

Ada berbagai faktor penarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Padang diantaranya adalah suasana lingkungan alam yang alami. Sedangkan Arsitektural khas serperti yang ada di Gunuang Padang terkenal dengan legenda Sitinurbayanya serta keteguhan masyarakat terhadap adat, budaya, suasana sangat akrab, serta pusat kesenian begitu dirasakan.

Arfian menjelaskan, peran Pokdarwis sangat diperlukan dalam mengembangkan Kepariwisataan Kebudayaan yang berbasis kepariwisataan. Mengingat, banyak manfaat yang akan diperoleh dalam wisata, antara lain infrastruktur, kualitas pemukiman, terjaganya kebersihan lingkungan, SDM, wawasan masyarakat. 

Adapun jenis - jenis usaha yang dapat dikembangkan adalah membuat miniatur kapal bisa dimanfaatkan sebagai cendera mata di kantor Pemerintahan dan swasta. Gunuang Padang terkenal dengan muaranya tempat berlabuhnya kapal dagang tentu erat kaitannya dengan nelayan. Yang tak kalah menarik lagi kuliner gunuang Padang, Makanan dan minuman enak dan enak", Ujar Arfian.

Lebih lanjut dikatakan Arfian, Pemandu wisata (lokal, asing) diberikan pembekalan tujuannya bagaiman melayani tamu dengan baik, cindera mata (unik, khas setempat) seperti miniatur kapal dibuat oleh masyarakat binaan dari Pokdarwis Gunuang Padang.

“Masih banyak Gunuang Padang memiliki potensi - potensi yang tersembunyi, seperti lobang Jepang, meriam peninggalan para penjajah. Maka dari itu, Pokdarwis Gunuang Padang berperan penting untuk menemukan segala potensi tersebut. Mengingat, sudah seharusnya Pokdarwis Gunuang Padang membangkitkan potensi pariwisata, serta kompaknya masyarakat”, Kata Arfian.

Sementara itu Camat Padang Selatan, Tedi Antonius turut mendampingi Pokdarwis Gunuang padang menuturkan, selaku kepala wilayah dilingkungan kecamamatan Padang Selatan sangat mendukung apa yang telah diperbuat Pokdarwis Gunuang padang perlu di berikan apresiasi dan perhatian serius, mengingat Pokdarwis gunuang padang lokasinya sangat strategis berada dijantung Kota Padang Ibu Kotanya Provinsi Sumatera Barat. 

Kenapa dikatakan sangat strategis dan unik Pokdarwis Gunuang Padang ini, karena ada gunungnya untuk tempat berpariwisata bersama keluarga dan berolahrag sambil menikmati indahnya lautan dan legendanya Siti Nurbaya. Apabia kita menoleh ke timur dan utara sangat jelas nampak Kota Padang, serta parkirnya kapal nelayan disepanjang muaro Padang", terang Tedi Antonius.

"Iya menambahkan, Akses menuju obkek wisata Gunuang Padang sangat mudah ditelusuri,  jalannya begitu mulus dan lebar. Sehingga para pengunjung yang hendak datang ke objek wisata Gunuang Padang begitu nyaman", tutup Tedi Antonius.

Turut hadir Lurah Batang Arau Eka Saputera,  Ketua Pokdarwis Gunuang Padang Yurneidi (Joery Phanai) dan Rukun Warga (RW) Suhardi. (Z)

Posting Komentar

0 Komentar