Inspektur Jenderal Masrokhan apresiasi SMK SMAK Padang raih predikat WBBM.

IMPIANNEWS.COM

PADANG : Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong pembangunan Zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di seluruh satuan kerja (satker) yang ada di Indonesai. Upaya ini sejalan dengan arahan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita untuk mempertahankan birokrasi yang bersih, transparan, produktif, akuntabel serta bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN).

Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi yang mengatur pelaksanaan program reformasi birokrasi dengan tiga sasan, yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN, serta meningkatkan pelayanan publik, kata Inspektur Jenderal Kemenperin, Masrokhan saat Kunjungan Kerjanya di Kota Padang dalam rangka pembinaan dan pengawasan Satuan Kerja (satker) , Kamis (3/3/2021).

“Perbaikan birokrasi dilakukan agar bersih, produktif dan akuntabel dengan penataan sistem penyelenggaraan pemerintah yang baik, efektif dan efisien, untuk dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional,” tambahnya. 

Agenda Masrokhan Kunjungan Kerjanya di Padang didampingi Sekretaris Inspektorat Jenderal, Liliek Widodo dan Inspektur Wilayah IV, Jonni Afrizon, untuk penandatanganan komitmen seluruh Kepala Satker di Padang melaksanakan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM. Penandantangan komitmen ini dilaksanakan di Gedung pertemuan Balai Diklat Industri (BDI) Padang oleh Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) SMAK Padang, Kepala BDI Padang, Direktur Politeknik ATI Padang (diwakili), Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) SMTI Padang, serta Kepala Balai Riset dan Standarisasi (Baristand) Industri Padang.

"Bagi Satker yang sudah mendapatkan predikat WBK dan WBBM (dari Kementerian PAN dan RB), SMK SMAK Padang sudah meraih WBK tahun 2018, WBBM tahun 2020 dan SMK SMTI Padang WBK tahun 2018 dan WBBM tahun 2019. Prediekat ini terus  dipertahankan dan tingkatkan pelayanan. BDI Padang memperoleh WBK tahun 2018, Politeknik ATI Padang dan Baristand Industri WBK tahun 2020. Hendaknya pada tahun ini ditargetkan bisa meraih predikat WBBM. Satker yang sudah meraih WBBM agar dapat membagi pengalaman", Paparnya.

Berkat predikat WBK/ WBBM yang diraih oleh satker-satker di Kementerian Perindustrian, Buktikan kepada publik atau Kementerian lainnya, bahwa Kementerian Perindustrian terpercaya, terus implementasikan Reformasi Birokrasi dan Good Governance. Hal ini tentunya menjadi pondasi Kemenperin dalam membangun industri yang tangguh.”Imbuhnya.

Selanjutnya Masrokhan, menyerahkan piagam penghargaan Predikat WBBM dari Kementerian PAN dan RB, yang pada Desember 2020 lalu diberikan oleh Menteri PAN dan RB Tjahyo Kumolo melalui jaringan Zoom Meeting, kepada Kepala SMK SMAK Padang.

Masrokhan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada SMK SMAK Padang yang telah meraih predikat WBBM. 

SMK SMAK Padang yang dinahkodai Nasir merasa berbangga hati atas kunjungan Irjen Kemenperin dan atas penyerahan Piagam Penghargaan Predikat WBBM.

"Pada kesempatan yang sama kepala SMK SMAK Padang sangat bangga atas kunjungan Irjen Kemenperin ke SMAK Padang, karena merasa diperhatikan penuh oleh Kementerian Perindustrian, sehingga kami semakin semangat dan berkomitmen akan hal ini," Ujar Nasir.

Terkait Piagam Penghargaan Predikat WBBM yang diterima, Nasir selaku Kepala SMK SMAK Padang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tenaga pendidik dan kependidikan serta semua pihak yang telah membantu SMAK Padang untuk pencapaian ini. “Kami konsisten menerapkan Zona Integritas di SMK SMAK Padang” tutur Nasir di gedung SMK SMAK Padang. (Z)

Post a Comment

0 Comments