Endrizal, Sosialisasi Pengarusutamaan Gender Wujudkan tercapainya kesetaraan dan keadilan

Endrizal

IMPIANNEWS.COM

PADANG : Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kota Padang Endrizal, membuka kegiatan Sosialisasi Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Daerah di Hotel Axana, Rabu (23/03/2021).

Endrizal dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pengarusutamaan gender sekarang ini telah menjadi salah satu sasaran pembangunan pemerintah sesuai dengan Inpres Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender Dalam Pembangunan Nasional.

Endrizal menjelaskan, Kondisi perempuan secara umum  dalam berbagai sektor pembangunan masih tertinggal. Dalam Gender Development index (GDI) dan Gender Empowerment Measurment (GEM) menunjukan masih ada kesenjangan Gender antara perempuan dan laki--laki. Dengan kondisi perempuan yang masih tertinggal fakta inilah yang membuat perhatian Pemerintah terhadap penyelesaian masalah dan pemberdayaan kaum perempuan semangkin serius, tujuannya agar tercapai  kesetaraan dan keadilan Gender.

Lebih lanjut dikatakan Endrizal, Langkah strategis dalam mewujudkan adanya kesetaraan Gender dalam pembangunan adalah dengan menerapkan strategi pengarusutamaan Gender,  Pengarusutamaan Gender telah menjadi kebijakan Pemerintah. Sedangkan untuk di Daerah dipertegas dengan  peraturan Mentri Dalam Negeri nokor 67 tahun 2011 tentang pelaksanaan PUG di Daerah fokus kepada perencanaan penganggaran yang responsif Gender ( PPRG). 

Melalui pengarusutamaan Gender diharapkan mampu mentransformasikan satu keadaan tidak setara antara perempuan dan laki-laki didalam hak-haknya. Didalam kondisi sosialpun harus setara,  serta terpenuhinya kebutuhan strategis Gender. Kegiatan pengarusutamaan Gender di Kota Padang diarahkan untuk mendukung suksesnya nawa cita dari Presiden mengakhiri penghapusan kekerasan  terhadap perempuan dan anak.serta penghapusan tindak pidana perdagangan orang dan mengakhiri kemiskinan,ketertinggalan dalam politik", Kata Asisten II Endrizal.

"Pada kesempatan ini diharapkan kepada seluruh Kepala OPD untuk membuat perencanaan dan penganggaran dan kegiatan yang benar-benar berpihak kepada seluruh masyarakat," tegasnya.

Kepala Bidang kualitas Perempuan dan Data-data Informasi Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Padang (DP3APPKB) Wirdanis dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini dilaksankan untuk memberi pemahaman pentingnya pengarusutamaan gender dalam program pembangunan di Kota Padang dan memberi pemahaman tentang model perencanaan berbasis kinerja.

"Mewujudkan kesetaraan gender dalam pembangunan yaitu pembangunan yang lebih adil dan merata," ujar Wirdanis.

Sehubungan dengan itu, maka Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak, pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Padang menginisiasi untuk mengadakan sosialisasi Pengarusutamaan Gender dengan mengangkat isu prioritas pentingnya perspektif Gender dalam perencanaan program di lingkungan Pemerintah Kota Padang, diikuti sebanyak 130 orang peserta mengikuti Protokol kesehatan Covid-19 ",Tutupnya. (Z)

Posting Komentar

0 Komentar