Bersama Komunitas CBSM Kota Padang, Hendri Septa Napak Tilas ke Batu Busuk

IMPIANNEWS.COM

PADANG - Sejumlah barang peninggalan Belanda seperti jembatan gantuang sepanjang lebih kurang 100 meter, lobang Belanda, PLTA Kuranji, Jenjang Teka-teki, bendungan dan saluran irigasi tujuh tingkat sampai kini masih terawat dan terjaga keasriannya oleh masyarakat setempat.  

Hal itu terlihat saat dilakukan kunjungan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Padang Hendri Septa bersama Komunitas Cagar Budaya, Sejarah dan Museum (CBSM) Kota Padang ke Kampung Batu Busuk, Kelurahan Lambung Bukik, Kecamatan Pauh, Sabtu pagi (20/3/2021).

"Pada hari kita berkumpul dalam agenda menapak tilas melihat sejauh mana Kota Padang menyimpan harta peninggalan dari leluhur yang berada di Kelurahan Lambung Bukik, Kampung Batu Busuk ini," ungkap Plt Wako Hendri Septa usai melakukan kunjungan diberapa lokasi tersebut.

Hendri mengatakan, berbagai peninggalan zaman belanda yang berada di Kelurahan Lambung Bukik ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk mengedukasi para generasi muda supaya peduli dengan sejarah dan dapat menjaganya di zaman mereka nantinya. 

"Ke depan bagaimana kita menyiapkan generasi muda yang peduli dan menjaga peninggalan sejarah yang ada di Kota Padang. Untuk itu, hal ini akan menjadi agenda selanjutnya bagi Pemerintah Kota Padang bersama dinas terkait bagaimana mengajak generasi muda untuk peduli terhadap sejarah," ujar Hendri.

Lebih jauh dikatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang mendukung apa yang dilakukan oleh komunitas CBSM Kota Padang karena hal ini sangat sejalan dengan salah satu misi Kota Padang, yaitu mewujudkan masyarakat Kota Padang yang madani berbasiskan pariwisata yang unggul dan berdaya saing.

"Muda-mudahan apa yang kita lakukan saat ini, insha allah menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua dan kegiatan ini akan berlanjut dengan napak tilas di daerah yang lainnya," harap Plt Wako.

Selanjutnya orang nomor satu di Kota Padang itu mengajak masyarakat setempat untuk bersama-sama menjaga kelestarian barang peninggalan sejarah yang ada di Kelurahan Lambung Bukik ini, karena hal ini merupakan tanggung jawab masyarakat Kota Padang. 

"Kita Pemerintah Kota Padang mensupport dan mendukung kegiatan yang dilakukan hari ini karena ini merupakan upaya kita untuk menjadi kota yang berbudaya dan yang tau menghargai peninggalan dari leluhurnya," pungkas Hendri.  

Sementara itu, Ketua Komunitas CBSM Kota Padang Genny Putrinda mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan hari ini bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa Kota Padang mempunyai peninggalan-peninggalan sejarah yang sangat luar biasa. "Ada berbagai tempat yang sudah kita kunjungi dari tadi, seperti lobang Belanda, PLTA Kuranji, bendungan dan saluran irigasi. Dan kita harapkan ini ke depan bisa menjadi objek-objek wisata baru di Kota Padang," ucap istri Plt Wali Kota Padang itu. 

Dalam kunjungan kali ini, Plt Wali Kota juga didampingi oleh Camat Pauh Jasman, Ketua Karang Taruna Kota Padang Yaldi Chaniago, Ketua LPM, Lurah, RT/W dan tokoh masyarakat setempat. (Mul/Prokompim Pdg).

Posting Komentar

0 Komentar