Pemkab Lima Puluh Kota Canangkan Vaksinasi Covid-19

Dandim 0306/50 Kota, pejabat perdana penerima vaksinasi 

IMPIANNEWS.COM 

Lima Puluh Kota, --- Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota mengadakan pencanangan vaksinasi covid-19 tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota di halaman Kantor Bupati Lima Puluh Kota, Senin, (1/2 2021). 

Hadir dalam acara ini Ketua DPRD Lima Puluh Kota mewakili Bupati, Forkopimda, Kepala BPJS, MUI LKAM, IDI, Kepala OPD, LKPOM, RSUD Suliki dan undangan lainnya. 

Kepala Dinas Kesehatan Limapuluh Kota dr. Hj. Tien Septino, M.Kes, dalam laporannya mengatakan virus korona (Covid-19) yang tidak pernah diprediksi sebelumnya tiba-tiba muncul dan dalam waktu yang relatif singkat telah berkembang menjadi Pandemi. Proses vaksinisasi Covid-19 ini sebagai bagian dari strategi penanggulangan pandemi Covid-19. 

"Kami mengharapkan dukungan dari TNI, Polri, stakeholder lintas sektor yang ada, tokoh agama, ninik mamak, serta seluruh masyarakat untuk dapat menyukseskan pelaksanaan vaksinisasi Covid-19 di Lima Puluh Kota," tuturnya. 

dr. Tien mengatakan untuk tahap I ini, penerima Vaksin adalah seluruh SDM Kesehatan di Lima Puluh Kota dan akan dilanjutkan dengan TNI, Polri, petugas pelayanan publik, serta kelompok beresiko tinggi dan lainnya. Adapun jatah vaksin untuk Lima Puluh Kota yakni sebanyak 2.520 dosis. 

Ilfa Roza sebagai pelaksanaan teknis vaksinasi mengatakan bahwa vaksin sinovac 1250 dosis telah memiliki izin dari BPOM pada tanggal 11 Januari 2021 dan sertifikat halal MUI Nomor 2 Tahun 2021. 

Pemberian vaksin terdiri dar 4 tahapan, yaitu 1. pendaftaran, menyerahkan e-tiket, 2. screening kesehatan, 3. tempat pemberiaan vaksin oleh vaksninaror bersertifikat, 4. pencatatan 

"Setelah 14 hari dosis ke 2 diterima, maka akan diberikan sertifikat vaksinasi yang berisi nama, NIK, nomor vaksin yang bisa digunakan untuk passing saat bepergian.", ucap Ilfa Nora. 

Pada pencanangan Vaksin Covid-19 di Lima Puluh Kota ini, Komandan Kodim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry Lahe menjadi orang pertama yang mendapatkan dosis vaksin, dilanjutkan Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra sebagai penerima kedua dan Kapolres Lima Puluh Kota AKBP Trisno Eko Santoso sebagai penerima ketiga. 

Dandim 0306/50 Kota usai divaksin merasa lega dan bangga menjadi yang pertama mendapatkan dosis vaksin dari Sinovac ini. Setelah lebih kurang 10 menit usai divaksin Dandim mengatakan tidak merasakan gejala apapun. 

"Saya merasa bangga menjadi penerima vaksin pertama di Lima Puluh Kota. Dan ini tentu menjadi barometer bagi masyarakat Lima Puluh Kota dan kita harus betul-betul yakin dan percaya karena vaksin ini sudah dinyatakan aman karena telah dapat izin BPOM dan sudah bersertifikat halal dari MUI," katanya. 

Ketua DPRD Lima Puluh Kota  Deni Asra, S.Si sebagai penerima vaksin kedua mengajak seluruh anggota DPRD Lima Puluh Kota untuk berpartisipasi vaksinisasi Covid-19 ini. 

"Alhamdulillah, saya sudah merasakan sendiri bagaimana rasanya disuntik vaksin Covid-19. Dan InsyaAllah vaksin ini aman dan halal, makanya kami mengajak kepada kawan-kawan di DPRD dan juga masyarakat Lima Puluh Kota untuk bisa menerima vaksin ini dengan baik, jangan termakan berita hoax. Buktinya hari ini kami memulai pencanangan hari ini bersama Forkopinda bahwa vaksin ini aman dan halal.", ucap Deni Asra.(014)

Post a Comment

0 Comments