Workshop jurnal manajemen penerbitan artikel ilmiah, pusat pengembangan ilmiah dan penelitian mahasiswa ( PPIPM )

 

Impiannews.com ( Padang )

Unit Kegiatan Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa (UK-PPIPM) terkhusus departemen penelitian melaksanakan kegiatan Workshop dengan temaManajemen Penerbitan Artikel Ilmiah yang dilaksanakan pada Sabtu, 26 Desember 2020.Kegiatan ini diikuti oleh 87 peserta yang merupakan mahasiswa UNP. kegiatan ini menghadirkan pemateri dan narasumber yang telah ahli dibidangnya yaitu pak Dwi Sudarno Putra, ST.,MT, yang merupakan dosen jurusan teknik otomotif Universitas Negeri Padang, dan merupakan tim dosen pengelola diberbagai jurnal yaitu, Invotex, Motivection,AEEJ, Mted, Automotive Engginering Education Journals.

Kegiatan ini ditujukan sebagai bentuk pemahaman terutama kepada mahasiswa terkait publikasi ilmiah. Hal ini dikarenakan publikasi ilmiah merupakan salah satu syarat wajib untuk menempuh jenjang pendidikan tinggi (sarjana, magister, maupun program doktor). Mahasiswa yang telah selesai menempuh program pendidkan diwajibkan untuk mengunggah hasil tugas akhir. Banyak dari  mahasiswa S1 yang masih belum memahami bagaimana proses publikasi artikel ilmiah dalam sebuah jurnal.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa terkait manajemen penerbitan artikel ilmiah. Untuk itu diperlukan suatu pelatihan terintegrasi untuk memperkenalkan bagaimana cara mencari Jurnal Ilmiah yang ter-akreditasi untuk mempublikasi artikel ilmiah. Kegiatan ini juga memberi edukasi kepada mahasiswa agar tidak terjebak pada Jurnal predator yang sangat merugikan pihak yang akan mempublikasi artikel ilmiahnya di jurnal tersebut. adapun pelaksanaan acara dilaksanakan melalui zoom meeting dan live streaming youtube. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini menambah pengetahuan dan motivasi terkhusus mahasiswa UNP dalam  pembuatan artikel ilmiah dan publikasi ilmiah.(PPIPM UNP/Humas UNP)

Posting Komentar

0 Komentar