Pentingnya DWP Bahu Membahu


IMPIANNEWS.COM
 

Payakumbuh, --- Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-92 dan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke 21, DWP Kota Payakumbuh mengadakan kegiatan kali ini mengusung tema “Peran Dharma Wanita Persatuan dalam pemberdayaan perempuan di era digital untuk mendukung terwujudnya ketahanan keluarga Indonesia”. 

Tema ini sengaja diangkat untuk menjadi catatan kritis dan implementatif dalam mengeksekusi program-progam kerja ke depan terutama dalam menyiapkan SDM DWP yang berkompeten dan berdaya saing global sebagaimana dituangkan dalam misi organisasi. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Ngalau Indah Lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Senin(21/12/2020) . 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Payakumbuh yang dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten I Wali Kota Payakumbuh Yufnani Away. 

Dalam sambutannya Asisten I Wali Kota Payakumbuh Yufnani Away yang akrab disapa Pak Cy mengatakan Di peringatan Hari Ibu dan HUT DWP kali ini peran Ibu sangat penting dalam mensosialisasikan dan mengajarkan kegiatan positif baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat. "Peran ibu sangat penting terutama dalam membentuk karakter anak. Jadilah ibu yg dapat membaur dan dekat dengan masyarakat. Dan untuk DWP Kota Payakumbuh Kami mengharapkan kepada organisasi wanita harus tetap sukses dan eksis mensosialisasikan kegiatan pembangunan dan pemerintahan kepada masyaraka karena peran serta ibuk-ibuk semua lah bisa kita pererat silaturahmi dan turut serta dalam kemajuan Kota Payakumbuh yang kita cintai ini, "ujar Pak Cy.

Ditambahkan Pak Cy, Di era perkembangan digital seperti saat sekarang ini diharapkan ibuk-ibuk semua dapat bijak dalam menanggapi dan memanfaatkan teknologi. Pasalnya beberapa tahun yang akan datang di era sekarang pasti perkembangan teknologi sangat berkembang dengan pesat. Khususnya dalam memantau anak-anak kita dalam penggunaan gadget. Karena gadget bisa berdampak positif bahkan berdampak negatif, disini kita dituntut untuk memantau perkembangan anak-anak kita. 

"Tolong kepada kita semua jangan latah menggunakan jari di era digital seperti ini. Tanggapi perkembangan teknologi di era digital ini dengan bijak, serta pererat hubungan keluarga dan masyarakat dengan kegiatan-kegiatan yang positif, " Pungkas Pak Cy. 

Senada dengan Pak Cy, Penasehat Organisasi Wanita Kota Payakumbuh Ny. Henny Riza Falepi mengatakan hari ibu ini kalau di lihat dari sejarah yaitu hari yang terlibat dalam pergerakan perempuan baik secara individu maupun sosial masyarakat.  "Momen pada hari ini adalah kita harus bisa benar-benar menjadi seorang ibu. Maksudnya disini adalah didiklah anak-anak kita khususnya anak perempuan kita sebaik mungkin. Karena dimasa depannya ia akan menjadi seorang ibu dan tanggungjawab kitalah dalam membentuk karakternya disaat sekarang ini. Kita dengan kondisi teknologi sekarang kedepan sudah seperti apa kemajuannya pasti sangat pesat, akan ada dampak positif dan negatif yang timbul. Untuk itu kita harus menyiapkan anak-anak perempuan kita menjadi ibu demi masa depan anak itu sendiri serta demi kemajuan bangsa," Ujar Henny. 

Ditambahkan Henny, Pada HUT DWP Ke-21 ini diharapakan DWP dapat berperan penting  dan menyusun rencana kerja dalam pembangunan nasional.

"Peran DWP melalui kegiatan dan rencana kerja berbasis kreativitas yang banyak memanfaatkan perkembangan era digital akan menjadi kekuatan baru, serta diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," Pungkas Henny

 Ketua DWP Kota Payakumbuh Ny. Cece Rida Ananda mengatakan Dharma Wanita Persatuan sebagai satu organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia sudah saatnya DWP memiliki Standing Position dan mengambil peran strategis dalam konstelansi pembangunan nasional. 

"Dalam perjalanan berorganisasi DWP mengalami dinamika yg sangat luar biasa, pada setiap masa pengurusan selalu ada tantangan sekaligus peluang yang menyertainya. Apalagi pada tahun ini, mengawali kepengurusan baru periode 2019-2024 DWP dihadapkan dengan situasi pandemi covid 19, namun hal tersebut tidak mengurangi semangat dan etos kerja seluruh pengurus, kami tetap melakukan kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan," Ujar Cece

Ditambahkan Cece, HUT ke-21 DWP kali ini merupakan HUT yang pertama pada kepengurusan periode 2019-2024, Sehingga merupakan momentum yang bagus bagi DWP khususnya pengurus dan anggota untuk terus bahu membahu melaksanakan seluruh program kerja dalam mencapai tujuan serta visi dan misi organisasi dapat tercapai. 

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan oleh DWP Kota Payakumbuh dalam rangka peringatan hari ibu ke 92 dan HUT DWP ke 21 tahun 2020 yaitu:

  1. Lomba Perempuan Inspiratif Kota Payakumbuh dimana Terbaik 1 adalah Sesmi Anggia dengan Inovasi Pondok Asa Kreatif dari Kelurahan Parik Rantang. 
  2. Kegiatan Anjangsana ke Panti Asuhan
  3. Kegiatan DWP peduli dengan pemberian sembako . 
  4. Kegiatan Rapid Test seluruh anggota DWP
  5. Kegiatan Rapid Test GOW
  6. Kegiatan Gebrak Masker Oleh TP-PKK Kota Payakumbuh
  7. Kegiatan Bazar Hasil Kerajinan UKM Kota Payakumbuh. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua GOW Kota Payakumbuh Ny.Machdalena Erwin Yunaz, Kepala DP3AP2KB kota Payakumbuh Syahnadel Khairi, Kepala OPD terkait serta Anggota Organisasi Wanita se Kota Payakumbuh.(014)

Posting Komentar

0 Komentar