Pembangunan Kampus UNP Payakumbuh, Di Depan Mata


IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh, --- Rencana pembangunan kampus Universitas Negeri Padang (UNP) di Payakumbuh sudah didepan mata, sebab Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh sedang menyiapkan proses administrasi penyerahan hibah tanah yang berlokasi di Padang Kaduduak kepada pihak UNP.

Bangunan yang rencananya akan dibangun dilahan seluas 7000 meter persegi tersebut menganut konsep smart building dengan green campus technologi yang proses pembangunannya akan memakai sumber daya manusia dari UNP, yang berasal dari berbagai disiplin ilmu baik itu dari teknik arsitektur, sipil dan bangunan maupun manajemen dan akuntansi.

Gedung ini nantinya akan difungsikan untuk gedung perkuliahan, laboratorium, kantor dan auditorium serta untuk menghubungkan setiap lantai akan menggunakan lift dan tangga dan disetiap lantai ada toilet.

Rektor UNP Ganefri mengatakan nantinya dikampus UNP Payakumbuh akan ada beberapa jurusan dari Fakultad Pariwisata dan Perhotelan (FPP) mengingat potensi Kota Payakumbuh yang berada dijalur perlintasan dan Kota Kuliner di Sumatera Barat.

"Awalnya kita (UNP) akan membuka program study kuliner minang, melihat potensi Kota Payakumbuh kita juga akan membuka prody tatarias, busana dan perhotelan," kata Rektor UNP Ganefri saat audiensi dengan Pemko Payakumbuh melalui zoom meeting, Kamis (05/10).

Ganefri menyebut kalau proses administrasi hibah ini bisa selesai ditahun 2020 maka proses pembangunan akan bisa dimulai ditahun 2021 mendatang dengan perkiraan biaya sekitar 30milyar rupiah.

"Kita akan mulai pembangunanya bertahap, mudah-mudahan proses hibah selesai tahun ini  sebab untuk membangun kampus ini merupakan syarat utama dari kementerian," ucapnya.

"Nantinya kampus ini akan kita buat senyaman hotel agar mahasiswa betah berada di kampus," tambahnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Payakumhuh Erwin Yunaz sangat mendukung sekali berdirinya kampus UNP di Payakumbuh, karena nantinya akan menjadi suatu kebanggaan bagi Kota Payakumbuh sebab sekolah rendang itu adanya ya di kota rendang.

"Sesuai kata Pak Wali Kota kita harus cepat merespon untuk kemajuan dunia pendidikan, semoga proses administrasinya segera siap dan kampus bisa segera dibangun," ucap Wawako Erwin Yunaz.

"Selain kemajuan dunia pendidikan nantinya diharapkan juga dapat mendongkrak perekonomian warga Payakumbuh dengan hadirnya kampus UNP ini," tambahnya.

Ditempat terpisah Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan sesuai arahan Wali Kota Payakumbuh Pemko akan segera memproses administrasi hibah dari Pemko Payakumbuh ke pihak UNP.

"Kita akan proses secepatnya dengan baik dan benar sesuai dengan regulasi agar dikemudian hari tidak menimbulkan masalah, mudah-mudahan akan selesai tahun ini," ucap Sekda Rida. (rel/014)

Post a Comment

0 Comments