Dibuka Presiden. Pemkab Lima Puluh Kota ikuti Rakornas Barjas


IMPIANNEWS.COM
 

Lima Puluh Kota, --- Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota mengikuti rapat koordinasi nasional pengadaan barang/jasa pemerintah tahun 2020 secara virtual dengan tema transformasi digital dan profesionalisme SDM pengadaan barang/jasa pemerintah. Kegiatan ini diikuti oleh para Gubernur dan Bupati / Walikota se Indonesia. Bupati Lima puluh Kota Ir. H. Irfendi Arbi, MP bersama Kepala Dinas Kominfo Fery Chofa, SH, LL.M mengikuti kegiatan ini dari kediaman Bupati Lima Puluh Kota, Rabu (18/11/2020).

Rakornas Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2020 ini dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dari Istana Bogor.

Dalam sambutannya, Presiden menjelaskan tentang keadaan Covid-19 di Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara-negara lainnya, terutama dalam perbandingan kasus positif dan tingkat kesembuhan. Lebih lanjut Presiden mengharapkan pengadaan barang/jasa hingga akhir tahun ini harus direncanakan dengan sebaik-baiknya. LKPP harus bisa melakukan perubahan fundamental dan terobosan- terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi informasi. 

Kedepannya LKPP harus dapat memonitor setiap transaksi yang diselenggarakan oleh Kementerian dan Pemerintah Daerah. LKPPP harus berfungsi sebagai alarm peringatan bagi pejabat pengadaan yang masih bekerja dengan cara lama. Karena kita harus memperhatikan situasi dan kondisi ekonomi saat ini. Dibutuhkan percepatan realisasi belanja pemerintah dengan menggunakan produk dalam negeri seperti UMKM agar dapat menggerakan produksi yang akan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kepala LKPP Roni Dwi Susanto menyampaikan bahwa kondisi pandemi ini seharusnya menjadi momen bagi pemerintah untuk melakukan belanja guna menutupi dampak ekonomi masyarakat saat ini. Oleh karena itu belanja pengadaan harus ditingkatkan. Lebih lanjut Kepala LKPP Roni Dwi Susanto akan mencanangkan keutamaan produk dalam negeri dalam pengadaan barang/jasa pemerintah melalui market place.(014)

Posting Komentar

0 Komentar