Satgas Covid19 Kelurahan OTS Salurkan Donasi untuk Pasien Isolasi Positif Corona


IMPIANNEWS.COM 

Payakumbuh, --- Menyikapi mewabahnya virus corona di Kota Payakumbuh yang merambah hingga kelurahan menuntut warga kota untuk meningkatkan tawakal kepada Allah SWT, serta semakin meningkatkan kewaspadaan dan mematuhi Protokol kesehatan.

Guna memutus mata rantai penyebaran covid19, Walikota Payakumbuh menindaklanjuti himbauan Menteri Dalam Negeri dengan membentuk satuan tugas penanganan covid19 hingga tingkat RT, dengan tupoksi dan kewenangan sebagaimana yang termaktub dalam himbauan Kemendagri. Kondisi covid19, saat ini sangat mengkhawatirkan, Pemko Payakumbuh pun tiada bosan melakukan edukasi massa, hingga penerapan sanksi terhadap pelanggar Perda Nomor 6 tahun 2020.

Demikian juga untuk kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) kecamatan Payakumbuh Utara. Kelurahan ini merupakan gabungan Tanjung Anau, Balai Betung dan Talawi) pada tahun 2015, lalu. Walikota Payakumbuh tetapkan Satgas Penanganan covid19 untuk kelurahan yang terletak di pintu gerbang Kota Randang (Payakumbuh) ini.

Tim satgas tersebut sengaja di SK kan Walikota Payakumbuh Riza Falepi dengan Nomor:360.13/478/WK-PYK/2020 tertanggal 6 Oktober 2020. Dalam SK tersebut termaktub tugas dan wewenang satgas secara berjenjang dan menerapkan koordinasi bertingkat. SK tersebut sampai ke tangan Lurah OTS, Isral tanggal 16/10/2020. Lurah OTS langsung buat WAG Satgas covid19 kelurahan  dan langsung sebarkan SK tersebut.

Sebelumnya, pada Selasa (15/10/2020) salah seorang (Pr) warga OTS berinisial MAD dinyatakan positif oleh tim berwewenang. MAD adalah PNS di RSUD Adnaan WD. Keseharian keluarga MAD tinggal di perumahan Insan Grya Sejahtera, Balai Betung RW II kelurahan OTS. MAD dan keluarga menjalani isolasi mandiri di rumah.

Kamis, tanggal 15 Oktober 2020, tim gugus tugas Kota Payakumbuh kembali menginformasikan DW warga Tanjung Anau RW I kelurahan OTS juga terkomfirmasi positif corona. Keluarga inti DW, pun menjalani swabtest dan isolasi.

Menindaklanjuti, SK dari Walikota Payakumbuh tersebut, pada Sabtu (17/10/2020) Lurah OTS memimpin rapat dengan tim satgas kelurahan guna penanganan covid19. Rapat tersebut menitik utamakan pada hal kemanusiaan. Yakni,menggalang dana untuk membantu keluarga yang menjalani isolasi hingga hasil swabtest keluar.

Pada Ahad, tim berwewenang kembali mengumumkan hasil swabtest keluarga DW. 2 orang diantaranya dinyatakan positif covid19, BD dan AS. Menurut informasi pihak kelurahan, keduanya akan dilakukan proses isolasi.

Dari rapat yang dilangsungkan di kantor Lurah OTS, disepakati bahwa warga OTS melaksanakan penggalangan dana untuk membantu keluarga yang menjalani isolasi. Sebelumnya pihak keluarga inti dan tetangga sudah memulainya.

Usai rapat dana yang sempat terkumpul saat rapat dibelikan sembako dan disalurkan kepada 2 keluarga tersebut.

Pendistribusian dipimpin langsung Lurah OTS bersama Ketua LPM serta didampingi tim Satgas penanganan covid19. Untuk menghindari penyebaran virus, tim menerapkan Protokol kesehatan. Bantuan tersebut diletakkan di depan pintu masuk warga terkomfirmasi positif covid.

Penggalangan tersebut bakal dilanjutkan pada hari Selasa siang. Hasil penggalangan bakal dikumpulkan di kantor Lurah sebagai Posko Utama.

"Kami sangat mengapresiasi warga  dan satgas yang bergerak cepat. Mari kita tingkatkan semangat kebersamaan dan edukasi serta kewaspadaan. Kita harus pahami, bahwa covid19 adalah ujian dan ini bukan aib,"apresiasi Lurah OTS, Isral.(014)

Posting Komentar

0 Komentar