Pulihkan Ekonomi, Pemko Padang Bakal Bangun Sentra IKM di 2021

 Pulihkan Ekonomi, Pemko Padang Bakal Bangun Sentra IKM di 2021


IMPIANNEWS.COM (Padang).

Meski tengah dilanda pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Padang  berupaya merencanakan pembangunan tetap berjalan di Kota Padang di 2021. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Medi Iswandi mengatakan, Pemko Padang sudah menyelesaikan pembahasan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021 di bulan Mei 2020. Kemudian melakukan kesepakatan dengan DPRD Kota Padang tentang KUA-PPAS 2021 pada Juli atau Agustus lalu.

"Baru-baru ini kita juga telah selesai melakukan pembahasan Rancangan APBD 2021 (R-APBD). Sekarang sedang tahap finishing sebelum diparipurnakan insya Allah awal November nanti," sebut Medi Iswandi kepada wartawan dalam kegiatan diseminasi informasi bersama Diskominfo Padang melalui virtual, Kamis (22/10/2020) lalu.

"Kita berharap November APBD Kota Padang 2021 sudah bisa disahkan," imbuhnya menambahkan.

Medi pun juga memaparkan sekaitan kinerja dan perencanaan pembangunan Kota Padang di 2021. Sebagaimana tema rencana kerja Kota Padang di 2021 masih menyelaraskan dengan rencana kerja di Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pemerintah Pusat.

"Dimana rencana kerja Kota Padang di 2021 yaitu mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial untuk mewujudkan Kota Padang sebagai kota pendidikan, perdagangan dan pariwisata. Rencana kerja ini hampir sama dengan rencana kerja Pemprov Sumbar yakni mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial untuk sumber daya manusia yang berkualitas. Kita tetap prioritaskan 3 sektor seperti pendidikan, perdagangan dan pariwisata karena merupakan 3 sektor utama yang harus diwujudkan sesuai visi Pemko Padang 2019-2024," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, dari sekian pembangunan yang dilakukan pemko di 2021 disertai penanganan Covid-19, namun hal yang menarik akan dilakukan adalah terkait rencana pembangunan sentra industri kecil menengah (IKM) di kawasan Kecamatan Koto Tangah. Lebih kurang biaya pembangunannya memakan anggaran sebesar lebih Rp27 miliar bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Pemerintah Pusat.

"Pembangunan sentra IKM ini diharapkan menjadi inkubator bisnis dan sebagai tempat pemasaran terpadu serta tempat pelatihan bagi IKM-IKM yang ada di Kota Padang nantinya. Semoga saja pembangunannya berjalan dengan baik," tukasnya.

Medi melanjutkan, sentra IKM ini merupakan bagian upaya Pemko Padang untuk memulihkan kembali sektor usaha, terutama UMKM/IKM di masa pandemi Covid-19 ini yang masih belum diketahui kapan berakhirnya.

“Dengan adanya sentra IKM ini diharapkan dapat mempermudahkan pembinaan, pengembangan, pelatihan serta pemasaran produk-produk IKM yang ada di Kota Padang. Dengan adanya sentra IKM ini juga diharapkan dapat melahirkan produk-produk unggulan Kota Padang yang berdaya saing nantinya. Meski di tengah pandemi, kita berharap ekonomi warga tetap berjalan," pungkasnya mengakhiri.(vid)


Posting Komentar

0 Komentar