Musibah dan Bencana Semua Konflik Pupus Hanya ada Solidaritas Seperti Turki dengan Yunani Saling Mendukung

 


IMPIANNEWS.COM (Turki).

Sedikitnya 22 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka setelah gempa dahsyat di Laut Aegean merobohkan bangunan di kota İzmir Turki dan menciptakan gelombang laut di setidaknya dua pulau Yunani.

Dikutip dari The Guardian, dilansir impiannews.com, gempa tersebut berkekuatan sekitar 7,0 skala Richter, melanda pada pukul 2.51 waktu setempat (11.51 pagi GMT) pada hari Jumat (30/10).

Gempa tersebut berasal sekitar 11 mil (17 km) dari provinsi İzmir dan delapan mil di utara Samos, pada kedalaman yang relatif dangkal sekitar 10 mil atau 16,5 Km.

Diketahui Turki dan Yunani sedang mengalami konflik dan saling mengklaimperihal garis kontinental mereka.

Ketegangan meningkat antara kedua tetangga atas hak atas wilayah Mediterania timur yang dianggap kaya akan sumber daya alam.

Kesaksian Korban Gempa Bumi Turki di Izmir : Ini Sangat Mengerikan https://t.co/pyzXiIfbBH— ZONA JAKARTA Part of Pikiran Rakyat Media Network (@zonajakarta1) October 31, 2020


Namun adanya gempa yang melanda dua negara mereka, Turki dan Yunani tetap menunjukkan sisi kemanusiaannya.

Dikutip dari Reuters, Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis menelepon Presiden Turki Tayyip Erdogan pada hari Jumat.

Ia menyampaikan belasungkawa setelah gempa kuat yang dirasakan di kedua negara menewaskan warga sipil di kota İzmir, Turki.

Kesaksian Korban Gempa Bumi Turki di Izmir : Ini Sangat Mengerikan HURRIYETDAILYNEWS

"Apapun perbedaan kita, inilah saat-saat ketika orang-orang kita perlu berdiri bersama," tulis Mitsotakis di Twitter.

Dikutip dari Pikiran-rakyat.com, Endorgan kemudian membalas cuitan Mitsotakis dan menyebutkan dia menyampaikan belasungkawa.

"Terima kasih, Tuan Perdana Menteri. Saya menyampaikan belasungkawa saya kepada seluruh Yunani atas nama saya sendiri dan rakyat Turki," tulis Erdogan.

Selain itu, Turki mengaku siap membantu Yunani untuk menyembuhkan korban-korban luka akibat gempa.

"Bahwa dua tetangga menunjukkan solidaritas di masa-masa sulit lebih berharga daripada banyak hal dalam hidup," tambahnya.

Thank you, Mr. Prime Minister.

I offer my condolences to all of Greece on behalf of myself and the Turkish people. Turkey, too, is always ready to help Greece heal its wounds.

That two neighbors show solidarity in difficult times is more valuable than many things in life. https://t.co/eo6iClofKZ— Recep Tayyip Erdoğan (@RTErdogan) October 30, 2020




Posting Komentar

0 Komentar