Barak Militer Vietnam Dihantam Tanah Longsor 5 Tentara Tewas dan 17 Hilang

 Barak Militer Vietnam Dihantam Tanah Longsor 5 Tentara Tewas dan 17 Hilang


Lima tentara Vietnam tewas tertimbun longsor yang menerjang barak mereka (Foto: AFP)

IMPIANNEES.COM (Hanoi).

Tanah longsor menimbun barak militer di Provinsi Quang Tri, Vietnam, Minggu (18/10/2020), menyebabkan lima tentara tewas dan 17 lainnya hilang.

Hujan deras mengguyur Quang Tri selama lebih dari sepekan menyebabkan setidaknya 64 orang tewas. Selain itu, banjir juga memicu tanah longsor.

Material tanah dan bebatuan menimpa barak militer pada dini hari. Saat itu 22 tentara diyakini berada di barak. Mereka terkubur bebatuan dan lumpur tebal tanpa bisa menyelamatkan diri.


"Sejak pukul 02.00 terjadi empat hingga lima kali tanah longsor, meledak seperti bom dan rasanya seluruh gunung akan runtuh," kata pejabat pemerintah setempat, Ha Ngoc Duong, kepada VnExpress, seperti dilaporkan kembali AFP. dikutip impiannews.com.

Kepala Staf Angkatan Darat Vietnam Phan Van Giang memperingatkan kemungkinan tanah longsor lanjutan di daerah itu dan meminta tim SAR untuk berhati-hati menjangkau lokasi barak militer.

Dia menambahkan, lima jenazah tentara sejauh ini ditemukan dan pencarian 17 lainnya masih berlangsung.

Musibah terbaru ini terjadi beberapa hari setelah 13 anggota tim SAR ditemukan tewas. Mereka gagal menyelamatkan pekerja pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang terjebak longsor. Jenazah dua karyawan PLTA ditemukan, namun 15 lainnya masih hilang.

Vietnam rentan terhadap bencana alam dan setiap tahun diterjang belasan kali badai yang memicu banjir dan tanah longsor. Lebih dari 130 orang tewas atau hilang dalam bencana alam di seluruh Vietnam sepanjang 2019.***


Posting Komentar

0 Komentar