Apa yang Didapat Rakyat Timur Laste? "Hanya Kemerdekaan"

 Apa yang Didapat Rakyat Timur 
















IMPIANNEWS.CIM (Timur Laste).

Apa yang didapatkan rakyat Timor Leste usai memisahkan diri dari Indonesia? Hanya kemerdekaan. Itulah jawaban yang diucapkan oleh seorang warga Timor Leste.

Persoalan ekonomi menjadi masalah klasik bagi rakyat Timor Leste. Pandemi Covid-19 menambah derita rakyat Timor Leste semakin berat.

Mengingat bekas provinsi Indonesia itu kini dimasukkan PBB menjadi salah satu daftar negara miskin.

Selama ini pendapatan ekonomi Timor Leste hanya ditopang oleh sumber daya alam seperti minyak dan gas.

Namun sampai kapan sumber daya alam itu mampu menghidupi rakyat Timor Leste? Itulah yang ditakutkan warga Timor Leste.

Oleh karena itu, guna memastikan lebih dekat kondisi rakyat Timor Leste pasca-Referendrum dari Indonesia, seperti dikutip impiannews.com dari Zona Jakarta, seorang jurnalis dari New Zealand bernama Caitin McGee menggandeng Asia New Zealand Foundation melakukan penyelidikan ke ibu kota Timor Leste, Dili, pada tahun 2017 silam.

Ada pemandangan kontra antara Kota Dili dan kota pinggiran. Di pinggiran kota kehidupan begitu kumuh dan menyedihkan.

"Kami telah ditinggalkan oleh pemerintah Timor Leste. Bagi para veteran (konflik melawan Indonesia) mereka adalah pahlawan di masa lalu, tetapi sekarang mereka mengkhianati kami," kata seorang warga Timor Leste bernama Fortunado D'Costa kepada Caitin.

Namun lebih mengejutkan saat ia mengatakan bahwa rakyat Timor Leste yang pro Indonesia kehidupan akan lebih baik dari dirinya dan rakyat Timor Leste pada umumnya.

"Kami mendukung gerakan perlawanan (Fretilin) tetapi mereka yang mendukung pemerintah Indonesia masih hidup lebih baik," ujar Costa.

Tidak itu saja, ia juga mengatakan apa yang dipunyai Timor Leste hanya kemerdekaan. Tidak ada yang lain.

"Hari ini kami hanya punya kemerdekaan tetapi kami tidak memiliki (sandang, pangan) apa-apa lagi. Hanya perdamaian dan stabilitas politik," ujar Costa.

Lebih lanjut, ia mengkritik para elite Timor Leste seperti Ramos Horta dan kolega yang menurutnya telah meninggalkan rakyatnya.

Seperti diketahui, Timor Leste sebelum kemerdekaan ialah bagian dari wilayah NKRI tepatnya provinsi Indonesia dengan nama Timor-Timur.

Namun, di masa kepemimpinan BJ. Habibie Timor Leste memperoleh kemerdekaannya usai referendum atau jejak pendapat, yang mana mayoritas rakyat Timor Leste menginginkan memisahkan diri dari pemerintah Indonesia.

Selama proses peralihan untuk menjaga stabilitas keamanan PBB menempatkan pasukan penjaga perdamaian.***


Posting Komentar

0 Komentar