Ancam Indonesia, Vanuatu Adalah Negara Kanibal

 Serang Indonesia, Vanuatu Adalah Salah Satu Negara Kanibalisme yang sempat Diterapkan Nenek Moyang Mereka


Negara Vanuatu. (Foto: residency-bond.eu) /

IMPIANNEWS.COM (Vanuatu)

Negara Vanuatu menuding Indonesia telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Papua. Hal ini membuat perwakilan Indonesia bereaksi keras di PBB.

Menggunakan hak jawab pertama, diplomat Indonesia menyebut tuduhan Vanuatu itu tidak berdasar dan menuntut negara Pasifik itu untuk berhenti mencoba mencampuri urusan dalam negeri Indonesia.

"Memalukan bahwa negara satu ini (Vanuatu) terus memiliki obsesi yang berlebihan dan tidak sehat mengenai bagaimana Indonesia seharusnya bertindak atau mengatur dirinya sendiri," ujar diplomat muda Indonesia Silvany Austin Pasaribu dalam rilis PJTRI dikutip Ahad 27 September 2020.

Seperti apa kondisi negara Vanuatu? Dari wikipedia, Republik Vanuatu adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan.

Vanuatu terletak di sebelah timur Australia, timur laut Kaledonia Baru, barat Fiji dan selatan Kepulauan Solomon. Vanuatu dihuni oleh bangsa Melanesia.

Orang Eropa pertama yang mengunjungi pulau ini adalah Fernandes de Queiros dari Portugis beserta armadanya dari Spanyol yang sampai ke daerah ini pada tahun 1606.

Republik Vanuatu berdiri tahun 1980. Vanuatu kemudian menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, Persemakmuran Britania, Francophonie, dan Forum Kepulauan Pasifik.

Fakta tentang Vanuatu

1. Negara paling berbahaya di dunia

Bukan karena kriminal, Vanuatu diganjar sebagai negara paling berbahaya di dunia lantaran kerap diserang bencana alam.

Berdasarkan Laporan Resiko Global yang disusun oleh United Nations University for Environment and Human Security (UNU-EHS)pada tahun 2015 dan 2017, Vanuatu menempati rengking pertama dari 173 negara di dunia yang paling rentan dilanda gempa bumi, badai, banjir, kekeringan, serta kenaikan air laut.

2. Penuh gunung berapi

Sama seperti Indonesia, sebagai negara kepulauan, pastinya Vanuatu dianugerahi sebagai negara yang kaya akan gunung berapi.

Namun, dari semua gunung berapi terkenal di Vanuatu, gunung Yasur yang terletak di pulau Tanna adalah spot wisata yang paling diincar oleh turis dari berbagai belahan bumi.

Yasur bahkan disebut-sebut sebagai salah satu gunung paling aktif di dunia. Tercatat, gunung Yasur merupakan salah satu gunung di Vanuatu yang kerap mengeluarkan lava pijar.

Namun, justru "keaktifan" gunung Yasur ini yang menjadi daya tarik bagi para turis. Di gunung ini, para turis tidak hanya disugui pemandangan gunung yang indah, tetapi juga atraksi pijaran lava yang menyembur-nyembur ke tepian kawah gunung.

Para penjelajah maupun ahli vulkanologi bahkan diperbolehkan duduk di tepian kawan sembari merasakan sensasi super menegangkan dari pertunjukkan bom lava yang meletup-letup dari dalam kawah gunung Yasur.

3. Negara kanibal

Salah satu sisi menarik dari negara Vanuatu adalah praktik kanibalisme yang sempat diterapkan oleh nenek moyang mereka.***


Posting Komentar

0 Komentar