Lurah OTS Pimpin Pemilihan Ketua Karang Taruna

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Bertempat di aula pertemuan Kantor Lurah Ompang Tanah Sirah (OTS), Selasa (15/09/2020) ba'da shalat Isya dilangsungkan pemilihan pengurus Karang Taruna (KT). Rapat pemilihan tersebut dipimpin Lurah OTS, Isral didampingi Ketua LPM, Khaidir bersama perangkat kelurahan. Selain itu, ikut hadir 60 tokoh pemuda yang bakal bermusyawarah guna pembentukan Pengurus KT yang baru.

Sambutan pembukanya, Lurah OTS, Isral mengharapkan agar struktur kelurahan sudah ada, namun masih ada yang belum bergerak/vakum aksi, disebabkan masa bakti kerja pengurus karang Taruna sudah berakhir di awal tahun 2019.

"Karang Taruna kelurahan Kita masih vakum, itulah alasan kami mengundang para pemuda. Kita sudah tegur Ketua LPM untuk bentuk pengurus KT, secepatnya. Alhamdulillah dan insyaallah malam ini bakal kita bentuk bersama. Karena KT merupakan benteng kampung, KT adalah payung dan pengayom aspirasi pemuda. Selama ini, KT di kelurahan OTS masih berjalan sendiri-sendiri. Padahal kelurahan kita OTS yang didalamnya tergabung warga Tanjung Anau, Balai Betung dan Talawi sejak tahun 2015, lalu. Mari kita satukan,"sambut pembuka Isral.

"Lebih terarah, pemilihan Ketua KT ini selanjutnya Kami serahkan kepada Ketua LPM, Saudara Khaidir,"Tutup Isral.

Ungkapan Lurah OTS dibenarkan Ketua LPM, Khaidir. Menurutnya, jabatan KT sama dengan jabatan LPM, yakni 3 tahun. Dan KT OTS telah nerakhir tahun 2019 lalu. Sudah 2 tahun vakum.

"Kami akui, LPM masih lemah menyatukan warganya. Dulu payung pemuda adalah KT Tigo Dusun Sepakat. Dan sangat solid. Semoga ini terwujud kembali. Mari Kita berikikad agar kita sadari bahwa kita satu kampuang, satu kelurahan. Mari kita bentuk kembali pengurus KT. Untuk itu kami silahkan sampaikan usul dan saran,"ungkap Khaidir sembari melemparkan momen usul dan saran konstruktif kepada puluhan pemuda yang hadir malam itu.

Adalah Bima, Ketua KT RW II Talawi, mengedepankan managemen sebuah KT.

"dengan musyawarah ini Mari belajar berdemokrasi. Kita satukan perbedaan guna memajukan kampuang kita,"sebut Bima yang punya potensi seni tari, ini.

Bersambung, adalah Hendra salah seorang tokoh pemuda RW II Balai Betung. "Kita masih satu keturunan, saling terkait di 3 dusun ini. Untuk solid, jangan lagi ada pembatas, jangan lagi ada kamar-kamar. Kita adalah OTS. Siapa saja anggota KT ? Ya, kita yang berusia 45 tahun ke bawah, orang tua adalah pembina. Untuk itu, mari Kita pemuda menjadi rotan, yang mengikat antara sapu dan tangkainya. Barulah jadi  sapu lidi yang kokoh"

Harapan senada lahir dari Tasya, seorang mahasiswi beralamat di RW II Balai Betung. "Ketua KT harus mampu menyatukan pemuda OTS,"harapnya.

Terus, adalah Robi, seorang pemuda kreatif dan ulet dari RW III Talawi berharap agar KT terhindar dari pola kinerja lama. "Dibutuhkan penyatuan secara bertahap. KT adalah Protek kampuang, serta mampu berbicara di tingkat Kota dan selanjutnya. Tak usah muluk-muluk, tujuan utama adalah menyatukan pemuda OTS,".

Berbeda dengan Arnes, salah seorang pemuda dari RW II Balai Betung. Dirinya berharap dengan bersatunya pemuda OTS dibawah naungan KT, mari kita membangun pemuda berkarakter. Pemuda yang membangun OTS lebih baik, kedepan".

Lain lagi dengan Nazif, salah seorang pemuda dari RW III Talawi yang biasa bergelut di program kampung KB. Nazif yang jago berbahasa Inggris ini ingin pemuda OTS mampu berbahasa Inggris guna menyonsong Revolusi Industry.

"Mari Majukan OTS dengan Bahasa Inggris, kita manfaatkan eks. kantor lurah".

Para penyampai aspirasi sekaligus visi dan misi diatas adalah tokoh pemuda yang lolos dan mendapatkan amanah dari para pemuda untuk menjadi Pengurus KT kelurahan OTS, kedepan. Formatur pengurus KT tersebut  telah dilengkapi dengan sempurna. Sehingga dari 3 RW yang ada di OTS, terwakili.

Adapun Pengurus KT OTS yang dipilih secara formatur oleh para peserta musyawarah adalah:

Hendra sebagai Ketua Umum KT
Bima, Ketua III wilayah RW III Talawi
Arnes, Ketua II wilayah RW II Balai Betung
Irfan Yusmi, Ketua I wilayah RW I Tanjung Anau
Fatma Yuliza selaku Sekretaris I dibantu Wahyu Uliadi selaku Sekretaris II. Dan Bendahara diemban Nazif. 

Untuk kelengkapan Pengurus seksi-seksi, rapat KT OTS bakal dilanjutkan tanggal 17 September 2020, malam. Setidaknya, sekitar 50 pemuda OTS bakal diundang hadir rapat malam itu. 

Dengan telah terpilihnya pengurus inti, Lurah OTS Isral sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pemuda. 

"Kami mengapresiasi dan terima kasih. Dengan terungkapnya visi dan misi dari pengurus Kami yakin, Insyaallah Kita (KT OTS) bakal jadi contoh. Walau kita di pinggir kota, namun kita kaya potensi. Potensi kita banyak. Untuk itu, kami selaku lurah, siap memfasilitasi kedepan. KT OTS punya aset komputer lengkap, manfaatkanlah. Mari kita aksen, saling merangkul dan bergerak. Jangan hanya di atas kertas SK. Bersama kita bangkit. Saya akan purna bhakti 6 bulan lagi  semoga masa itu, KT OTS bisa berbuat positif untuk kampung yang kita cintai ini,"pungkas Isral memotivasi sekaligus menutup rapat malam itu.(014)