Intelijen Inggris Bobol Kode Rahasia Korea Utara, Indonesia Disabotase



Intelijen Inggris Bobol Kode Rahasia Korea Utara, Indonesia Disabotase

IMPIANNEWS.COM (Inggris).

Tim analis intelijen yang bekerja di Tim Digital Pertahanan Kementerian Pertahanan Corsham, Wiltshire, Inggris berhasil menggagalkan tiga kode rahasia.

Tiga kode rahasia tersebut diduga menyebabkan sabotase di Prancis dan Australia.

Pemecahan sandi dan kode rahasia Korea Utara tersebut dilakukan selama beberapa minggu oleh enam analis intelijen Inggris. Enam analis tersebut curiga ada warga sipil Korea Utara yang membelot.

Sementara itu, warga sipil yang membelot tersebut diketahui bekerjasama untuk badan intelijen eksternal Korea Utara dari Hong Kong.

Kode pertama yang dipecahkan digunakan intelijen Korea Utara untuk sebuah operasi yang terkait dengan Prancis ke European Air Group. Kode kedua, sabotase di Australia menyangkut pangkalan udara militer.

Sementara itu, kode terakhir yang dipecahkan intelijen Inggris merupakan upaya menyabotase kesepakatan perdagangan pertanian antara Australia dan Indonesia.

Selain itu sabotase terhadap kesepakatan perdagangan tersebut dilakukan karena Australia dan Indonesia kurang menghormati wilayah Pyongyang.

Hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari Korea Utara.
Korea Utara sendiri hingga saat ini dinilai masih terisolasi secara teknologi.

Bahkan, kelompok elitenya hanya mengizinkan ponsel yang terpasang ke jaringan domestik sehingga tak dapat berkomunikasi dengan dunia luar selain Korea Utara.

Secara tradisional, kepala wilayah di Pyongyang menggunakan stasiun 'angka' untuk menyampaikan perintah dari atasan yang telah terenkripsi.

 Nantinya, perintah tersebut diberikan kepada seluruh agen di Korea Utara secara global.

Kode tersebut dibentuk menggunakan angka acak disertai referensi halaman yang kurang jelas.

Kemudian, referensi halaman tersebut nantinya akan berisi pesan berisi perintah untuk langkah selanjutnya para agen di seluruh dunia.(*)