India Cerdik. Hadapi China Rekrut Orang Tibet yang Dendam Kesumat ke Tiongkok



India Cerdik. Hadapi China Rekrut Orang Tibet yang Dendam Kesumat ke Tiongkok

daerah perbatasan India dan China

IMPIANNEWS.COM (India).

India memiliki cara yang cerdik untuk menghadapi China di perbatasan. India mengerahkan tentara khusus warga Tibet yang notabene orang-orang anti-China.

Sejak Tibet dicaplok oleh China pada tahun 1959 silam, warga Tibet memiliki dendam kesumat terhadap Tiongkok.

Kematian seorang anggota pasukan khusus India asal Tibet dalam ledakan ranjau di dekat perbatasan yang berkobar dengan pasukan China, membuka fakta yang langka tentang sekelompok elit prajurit dataran tinggi yang tidak banyak dikenal.

Tenzin Nyima tewas dan seorang tentara komando lainnya terluka parah dalam ledakan di dekat pantai Danau Pangong Tso di Himalaya Barat, tiga pejabat pemerintah India dan dua anggota keluarganya mengatakan kepada Reuters.

Pasukan India dan China hampir melakukan konfrontasi langsung di daerah itu selama akhir pekan lalu, karena klaim teritorial yang bersaing, menurut pemerintah kedua negara.

Nyima yang berusia 53 tahun adalah bagian dari Pasukan Khusus Perbatasan India (SFF), kata keluarganya dan tiga pejabat Pemerintah India.

Pasukan tersebut merekrut sebagian besar pengungsi Tibet.
Ratusan ribu pengungsi telah menjadikan India sebagai rumah mereka sejak Dalai Lama melarikan diri dari Tibet setelah pemberontakan yang gagal pada 1959.

Beberapa di antaranya menjadi warga negara India.

Pasukan komando rahasia tersebut dibentuk segera setelah perang antara India dan China pada 1962 silam. Dua pejabat India memperkirakan, kekuatan SFF lebih dari 3.500 orang.

Amitabh Mathur, mantan penasihat Pemerintah India untuk urusan Tibet, mengungkapkan, SFF adalah “pasukan penekan, terutama dalam konteks pendakian gunung dan peperangan di dataran tinggi".

“Kalau memang mereka (SFF) dikerahkan, saya tidak heran. Masuk akal untuk menerapkannya di ketinggian. Mereka adalah pendaki gunung dan komando yang hebat," sebut Mathur ke Reuters.

Perang lawan Pakistan

Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pertahanan India tidak menanggapi permintaan komentar dari Reuters soal SFF.

China telah lama menganggap kehadiran sejumlah besar warga Tibet di India sebagai ancaman bagi integritas teritorialnya.

Mereka dipimpin oleh pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama, yang dikecam oleh Beijing sebagai separatis berbahaya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mengatakan dalam jumpa pers pada Rabu (2/9), dia tidak tahu, apakah warga Tibet berjuang untuk India, tetapi mengingatkan agar berhati-hati.

“Kami dengan tegas menentang negara mana pun, termasuk India, yang mendukung aktivitas pemisahan diri pasukan pro-kemerdekaan Tibet atau memberi mereka bantuan atau ruang fisik,” ujarnya seperti dikutip Reuters.

Seorang pejabat senior militer India mengatakan, SFF telah memainkan peran penting dalam perang dengan Pakistan pada 1971, yang mengarah pada pembentukan Bangladesh.

Serta, perang jarak dekat dengan Pakistan pada 1999 di daerah Kargil, yang populer dengan sebutan Perang Kargil.

“Kami menghormati dan mencintai India karena telah memberi kami tempat berlindung, tetapi inilah saatnya negara mengakui peran penting yang dimainkan oleh orang-orang kami di SFF,” kata Lhagyari Namgyal Dolkar, anggota parlemen berusia 34 tahun dari daerah yang jadi tempat pengasingan Tibet, kepada Reuters. ***