Arteria Dahlan Sangat Kesal Akan Polisikan Hasril Chaniago Disebut Dirinys Cucu Pendiri PKI Sumbar




Politikus PDIP, Arteria Dahlan. /

IMPIANNEWS.COM (Jakarta)

Nama Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Demokrasi (PDIP) Arteria Dahlan baru-baru ini menjadi viral dan masuk trending topik.

Adapun penyebab hal tersebut terjadi lantaran Budayawan Sumatra Barat (Sumbar) Hasril Chaniago mengatakan bahwa Arteria Dahlan merupakan cucu dari pendiri Partai Komunis Indonesia (PKI) Sumbar yakni Bachtaruddin.

Untuk diketahui, Hasril Chaniago mengatakan hal tersebut dalam kesempatan acara di TV One pada program Indonesia Lawyers Club saat mengusung tema "Sumbar Belum Pancasialis?" pada Selasa 8 September 2020.

Terkait hal tersebut, Arteria Dahlan dilaporkan akan mengambil sikap atas perkataan Hasril Chaniago.

Dikutip impiannews.com lewat Pikiranrakyat-Depok.com dari RRI, Arteria Dahlan mengatakan bahwa dirinya tengah mempertimbangkan hal tersebut ke ranah hukum dengan Pasal pencemaran nama baik dan UU ITE.

"Tidak benar saya cucu seorang tokoh PKI. Tentunya, saya berpikir untuk itu (lapor polisi)," kata Arteria Dahlan kepada awak media, Rabu 9 September 2020.

Lebih lanjut ia menilai bahwa isu yang dihembuskan Hasril Chaniago sebagai salah satu pembunuhan karakter. Terlebih apabila hal tersebut dilakukan dengan unsur kesengajaan.

"Karena kalau ini by design (disengaja), ahat banget. Itu namanya membunuh karakter seseorang. Kemudian menista, menyerang kehormatan, harkat, dan martabat, secara sengaja dan tidak patut," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Hasril Chaniago pun menyebutkan bahwa Bachtarudin sepupu dari pahlawan nasional HR Rasuna Said. Itu sama artinya, jika Arteria Dahlan dikatakan cucu Bachtarudin pendiri PKI, berarti HR Rasuna Said pun ikut terbawa di dalamnya.

Hal itulah, dikatakan dia, yang membuat dirinya merasa murka dengan apa yang dikatakan Hasril Chaniago.

Ia menyatakan segera membawa masalah ini ke ranah hukum. Dan baginya, untuk Hasril Chaniago masih terllau ringan jika dituntut dengan pasal pencemaran nama baik.

"Terlalu ringan, ada UU ITE. Bisa langsung ditahan," katanya.
Arteria Dahlan memastikan, saat ini dirinya sedang meneliti dan mencermati perihal ucapan Hasril Chaniago. Dan ia mendapati, ucapan Hasril sekarang sudah viral di masyarakat.

"Saya masih trace, saya juga sedang mencermati dan meneliti. Karena isu itu sedang menjadi trending topic," ucapnya mengakhiri.***