UNP Lepas PLK dan PLP Secara Dering

IMPIANNEWS.COM (Padang)

Universitas Negeri Padang (UNP) melepas mahasiswa dan mahasiswi peserta PLK (Program Praktik Lapangan Kependidikan)/ PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan), Senin (10/8/2020) secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan langsung pada Yotube UNP Video Streaming. 

Kegiatan PLK/PPL ini dibuka oleh Dr. Sukardi, MT dengan memberikan arahan terkait pelaksanaan PLK/PPL UNP yang disebar di 15 Provinsi di seluruh Indonesia. 

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D. menyampaikan bahwa Pelaksanaan Praktek Lapangan tahun ini dilaksanakan berbasis tempat tinggal dengan tetap, mempertimbangkan mengacu kepada kondisi sekolah yang harus memenuhi persyaratan terutama dari sisi akreditasi dari sekolah yang menjadi tempat dan mitra dari UNP. 

Selain itu, Pelaksanaan PLK ini khusus untuk mahasiswa S1 Prodi Kependidikan biasanya  hanya dilaksanakan 3 bulan tetapi dengan adanya Merdeka Belajar ini, UNP merubah kurikulum dimana mahasiswa bisa melaksanakan praktek disekolah sampai 1 semester yakni sampai proses ujian akhir dan sampai proses pengamalan evaluasi yang mahasiswa dapatkan. Sebelumnya mahasiswa PLK telah disiapkan dengan berbagai ilmu bidang pedagogo dimulai dari perangkat pembelajaran dan semua komponen. 

“Kita harapkan semua mahasiswa punya pengalaman lebih banyak di sekolah, karena sekolah tempat menimba pengalaman sebanyaknya dalam mempersiapkan mereka menjadi calon guru yang professional. Oleh sebab itu, PLK ini merupakan kurikulum wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa S1 Prodi Pendidikan”, Ungkap Rektor UNP. 

Rektor UNP menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dirjen GTK Kemdikbud RI karena UNP akan terus melakukan inovasi mengembangkan konsep merdeka belajar dengan selalu meningkatkan kualitas lulusan tenaga pendidik dengan berbagai program dan kebijakan kemendikbud dalam pelaksanaan kegiatan tridarma perguruan tinggi. 

Pada kesempatan ini, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud RI, Dr. Iwan Syahril, Ph.D. secara resmi melepas 4168 mahasiswa PLK/PLP UNP. 

Dalam sambutannya, Dirjen GTK, menyampaikan apresiasi kepada Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D. karena selalu berinovasi dan memunculkan ide-ide gagasan baru yang akan semakin menguatkan kependidikan guru. Selain itu, Dirjen GTK juga memberikan arahan kepada seluruh mahasiswa yang akan mengikuti PLK/PPL. Ada 3 poin yang disampaikan oleh Dirjen GTK yakni

(1) Dirjen GTK berharap Supaya pengalaman lapangan ini dapat  menguatkan tekat mahasiswa menjadi guru.

 (2) Hadirkan Inovasi yang berpusat kepada anak. Situasi Pandemi Covid-19 ini merupakan kesempatan berinovasi untuk melakukan sebuah cara pikir baru tentang pembelajaran yang berpusat kepada anak.

(3) jadilah teladan dalam praktek lapangan, jadilah motivator yang akan menguatkan semangat belajar anak-anak didik dan jadilah pemberdaya yang membawa anak didik menjadi mandiri atau merdeka.  Diakhir sesi pelapasan PLK/PPL, Dirjen GTK membacakan puisi yang sangat menyentuh hati tentang bagaimana mulianya profesi seorang guru. (ayu).