Tiga Pesawat Pembom Siluman B-2 AS Bikin China Mulai Kwatir

AS mengerahkan tiga pesawat pembom siluman B-2 ke pulau kecil Diego Garcia di Samudra Hindia
IMPIANNEWS.COM (Samudra India).

Pertama kalinya sejak 2016, Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) mengerahkan tiga pesawat pembom siluman B-2 ke pulau kecil Diego Garcia di Samudra Hindia. Hal ini dilakukan saat China terus meningkatkan latihan militer tembakan langsungnya.

Pembom Spirit berkemampuan nuklir B-2A Amerika lepas landas pada hari Selasa 11 Agustus 2020 dari pangkalan angkatan udara Whiteman di Missouri, terbang melintasi Australia utara dan menuju pangkalan militer bagian dari Wilayah Samudra Hindia.

Pesawat tersebut telah mengisi bahan bakar di udara beberapa kali, menurut informasi dari militer AS seperti dilansir South China Morning Post Kamis 13 Agustus 2020.

Terakhir kali para pembom dikerahkan ke Diego Garcia, yang terletak sekitar 1.200 km (745 mil) selatan Maladewa, adalah empat tahun lalu selama periode ketegangan di Laut Cina Selatan.
Itu setelah pengadilan arbitrase internasional menolak klaim Beijing atas sengketa perairan di Laut China Selatan.

Sedangkan ketiga pembom dengan call sign Reaper 11, 12 dan 13 tidak melewati daerah sensitif di Pasifik barat, Laut Cina Selatan atau Selat Taiwan.

"Kehadiran mereka di Diego Garcia adalah tanda yang jelas dari kekuatan militer Amerika Serikat di Indo-Pasifik," kata pengamat.

"Pergerakan tenaga nuklir berbasis udara adalah demonstrasi kekuatan," kata Zhao Tong, seorang rekan senior di program kebijakan nuklir di Carnegie Endowment for International Peace di Beijing.

“Tidak perlu ada teguran.”
Tidak seperti kapal selam yang kurang terlihat, dan rudal darat, yang kurang bergerak, pembom strategis, yang dapat dikerahkan dan ditarik sesuka hati, sering digunakan sebagai alat untuk mengintimidasi musuh.

B-2 berbentuk kelelawar merupakan pembom strategis tercanggih di dunia, dengan kemampuan siluman yang dapat menembus sistem pertahanan udara.

"Sebuah pembom siluman sulit dideteksi atau dicegat," kata komentator militer yang berbasis di Beijing, Zhou Chenming.

"Jadi jika itu terbang ke wilayah udara China dengan hulu ledak nuklir, terserah Amerika untuk memutuskan apakah mereka ingin memulai perang."

Pengerahan pembom AS dilakukan di tengah periode manuver militer yang intens oleh Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), karena Beijing kian bersitegang tidak hanya dengan AS, tetapi juga Taiwan dan India.

PLA menuduh Amerika Serikat "terus melakukan tindakan negatif yang mengirimkan pesan yang salah" kepada pasukan kemerdekaan di Taiwan, sebuah pulau dengan pemerintahan sendiri yang dianggap Beijing sebagai bagian dari wilayah kedaulatannya.

"Pasukan kami akan waspada setiap saat dan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melawan setiap upaya untuk memecah negara dan membuat Taiwan merdeka," kata juru bicara Komando Teater Timur, Kamis 13 Agustus 2020.

Zhou mengatakan bahwa meskipun China tidak dapat berbuat apa-apa tentang pengerahan militer AS, China mungkin merespons dengan meningkatkan kemampuan serangan baliknya.

"Perubahan keseimbangan kekuatan yang disebabkan oleh pengerahan (AS) mungkin menyebabkan krisis baru," katanya.

“Itu tidak membantu menyelesaikan masalah, tapi memperburuknya.”***