Penasihat Presiden AS Donald Trump Bujuk Arab Saudi Ikuti acara Penandatanganan Perjanjian Normalisasi Israel dengan Uni Emirat Arab

Penasihat Presiden AS Donald Trump Bujuk Arab Saudi ikuti acara Penandatanganan  Perjanjian Normalisasi Israel dengan Uni Emirat Arab 

IMPIANNEWS.COM (Tel Aviv).

Surat kabar Israel Yedioth Ahronoth pada hari Minggu (30/8) mengatakan bahwa utusan Saudi mungkin tiba di Abu Dhabi pada hari Senin besok, ketika penasihat senior Presiden AS Donald Trump mencoba membujuk Arab Saudi untuk bergabung dengan upacara penandatanganan Gedung Putih perjanjian normalisasi antara Israel dan Uni Emirat Arab (UAE) yang dijadwalkan pada bulan Oktober.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebelumnya telah mengumumkan bahwa delegasi Israel dan pembantu utama Trump akan terbang bersama ke UEA pada hari Senin untuk pembicaraan tentang memperkuat kesepakatan kedua negara Timur Tengah untuk menormalkan hubungan.

Penasihat senior Gedung Putih Jared Kushner, Penasihat Keamanan Nasional Robert O'Brien, utusan Timur Tengah AS Avi Berkowitz dan pejabat AS lainnya akan melakukan perjalanan bersama dengan delegasi Israel yang dipimpin oleh Penasihat Keamanan Nasional Meir Ben-Shabbat, kata Netanyahu dalam sebuah pernyataan video pada hari Rabu. .

Pertemuan tingkat tinggi itu akan menjadi yang pertama antara ketiga pihak sejak Trump mengumumkan kesepakatan kontroversial yang ditengahi AS pada 13 Agustus.

Kesepakatan itu dikecam oleh warga Palestina dari seluruh spektrum politik, yang menganggapnya sama dengan "pengkhianatan" dan "tikaman di belakang".

"Menjelang acara yang direncanakan di Washington, Kushner dan para pembantunya baru-baru ini telah bekerja dengan [Putra Mahkota Saudi Mohammed] bin Salman untuk menyetujui pengiriman utusan tingkat tinggi Saudi ke Abu Dhabi paling cepat besok, bersamaan dengan kedatangan delegasi Israel dipimpin oleh kepala Dewan Keamanan Nasional, "kata surat kabar itu.

Middle East Eye sebelumnya mengungkapkan bahwa Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menarik diri dari kunjungan yang direncanakan ke Washington DC untuk bertemu Netanyahu setelah dia khawatir berita itu bocor dan kehadirannya di ibu kota AS akan menjadi "mimpi buruk".

Sumber mengatakan kepada MEE bahwa Trump dan Kushner telah mendorong pertemuan itu terjadi untuk meluncurkan kembali citra bin Salman sebagai pembawa perdamaian Arab muda dan menopang dukungan regional untuk kesepakatan antara Israel dan UEA.

Menurut Yedioth Ahronoth, saat ini ada ketidaksepakatan di Riyadh antara bin Salman dan ayahnya, Raja Salman, mengenai normalisasi.

Sementara raja menentang perjanjian damai dengan Israel, putra mahkota "menunjukkan keterbukaan yang lebih besar, tetapi belum memberikan persetujuannya untuk pindah".

Namun, hubungan antara Kushner dan bin Salman telah membuat Saudi menyetujui berlalunya penerbangan maskapai Israel, El Al, hari Senin ke Abu Dhabi melalui Arab Saudi, yang pertama dalam sejarah, surat kabar itu menambahkan.(middleeasteye.net)