Kompol Armijon: Nagari Tageh Rumah Gadang Kec. Kuranji Dinilai Tim Polresta Padang

Kapolsek Kuranji Kota Padang
KOMPOL ARMIJON. SH. MH
IMPIANNEWS.COM (Padang)

Meningkatkan kesenergisan bersama masyarakat di Komplek Perumnas Belimbing Kuranji Jalan Delima, Kapolsek Kuranji dibawah Pimpinan Kompol Armijon bersama jajaran mempersiapkan penilaian Nagari Tageh Rumah Gadang Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Persiapan penilaian Nagari Tageh Rumah Gadang melibatkan semua unsur masyarakat, baik ninik mamak bundo kanduang, tokoh masyarakat, para pemuda/ i, ormas-ormas dan sebagainya dengan tujuan acara ini sukses dan pendapat perhatian serius dari tim penilai.

Kita tahu setiap ada perlombaan dan pertandingan tentu kita ingin menjadi yang terbaik, semoga Nagari Tageh Rumah Gadang di Kecamatan Kuranji menjadi idola dan nilai tertinggi serta terbaik nantinya, ujar Armijon.

Penilaian Nagari Tageh Rumah Gadang telah berlansung, 30 Juni 2020 Lalu di laksanakan oleh Tin Penilai dari Kapolres Padang di Jslan Delima Blok A RW 08 Kelurahan Kuranji Kota Padang.

Team penilai Nagari Tageh rumah gadang dari Polresta Padang terdiri dari  : Ketua team/Kabag Ren Polresta Padang Kompol Dewi Suryani, Kasat Intelkam Polresta Padang 
Kompol Jon Hendri, Kasat Binmas Polresta Padang Kompol Darto.

Sedangkan penilaian Nagari Tageh Rumah Gadang dihadiri: Kapolsek Kuranji Kompol Armijon, SH, MH dan anggota, Camat Kuranji Eka Putra Bahari dan staf, Anggota DPRD Kota Padang Zuhardi Z Latif, Ketua KAN Pauh IX Kuranji Suhardi Datuk Rajo Bujang, Ketua MPA Pauh IX Kuranji Irwan Basyir,  Ketua BMPN Pauh IX Kuranji M. Fikar Datuk Rajo Mage.

Juga nampak hadir,  Lurah se Kec. Kuranji, Ketua RW dan RT se Kel. Kuranji, Tokoh dan Pemuka Masyarakat Kel. Kuranji, Bundo Kandung dan warga masyarakat sekitar.

Rangkaian kegiatan dalam penilaian Nagari Tageh Rumah Gadang dari Tim Polresta Padang: pertama Kedatangan team penilai disambut dgn tari Pasambahan dan Pencak silat.

Kedua Pembukaan acara.
Ketiga Penyampaian dari team penilai/Kasat Intelkam Polresta Padang diantaranya.

Kasat Intelkan menyampaikan, Program Kampung tangguh Nusantara adalah program dari Kapolri dgn tujuan mempersiapkan masyarakat yg tangguh untuk menghadapi dampak dan mengantisipasi penyebaran Covid 19 dan  Polda Sumbar diberi nama Nagari Tageh rumah gadang.

Disamping itu, Sambutan dari tokoh dan warga masyarakat Kel. Kuranji sangat antusias dan ini menandakan sinergitas dan kerja sama antara Polsek Kuranji dan masyarakat selama ini berjalan dgn baik.

"Dalam penilaian Nagari Kampung tageh rumah ini mencangkup dari empat bidang diantaranya bidang informasi dan telekomunikasi, bidang kesehatan, bidang ketahanan pangan dan bidang ekonomi", ujarnya.

Selanjutnya, Penyampaian dari Camat Kuranji katakan sangat berbangga hati atas terselenggaranya acara Nagari Tageh Rumah Gadang Jl. Delima Blok A RW 08 Kel. Kuranji ditunjuk sebagai Nagari Tageh rumah gadang di Kec. Kuranji adalah sebagai tolak ukur utk Kelurahan lain di Kec. Kuranji, sebutnya.

Camat katakan bahwa Kelurahan yg ada di Kec. Kuranji semuanya akan dijadikan Nagari Tageh rumah gadang nantinya utk menghadapi dampak dari Covid 19.

Dia menjelaskan Sebelum Nagari Tageh rumah gadang dibentuk, kami dari warga Kec. Kuranji selalu membudayakan sifat gotong royong dgn  pembinaan dari tokoh masyarakat. Selama ini kami saling bahu membahu dalam membantu masyarakat yg terjangkit Covid 19 maupun yg terdampak, Ujar Camat Kuranji.

Dalam Kesempatan itu, Ketua MPA Pauh IX Kuranji Irwan Basyir menyampaikan bahwa Nagari Tageh rumah gadang adalah program dari Kapolri yg sangat dibutuhkan oleh masyarakat dalam menghadapi dampak dari Covid 19.

"Tokoh masyarakat Kec. Kuranji selama ini telah membangun hubungan yg baik dgn Polsek Kuranji demi menjaga Kamtibmas khususnya di Kec. Kuranji", Ujar Irwan Basyir.

Dia katakan bahwa Kapolsek Kuranji selama ini sangat bersinergi untuk membangun hubungan yang baik dengan tokoh masyarakat Kuranji maupun dgn warga masyarakat.

Salah satu contoh hubungan yg baik antara tokoh masyarakat dgn Polsek Kuranji salah satunya adalah pembangunan Pos Pol Belimbing perpanjangan dari Polsek Kuranji salah satunya yaitu dari swadaya tokoh dan warga masyarakat, sebut Irwan

Peninjauan dan Penilaian oleh team penilai dari Polresta Padang :
Pertama kali dinilai Ketahanan pangan 
- ladang cabe, jagung dll.
- Dapur umum
- tempat penyimpanan beras

Kedua dinilai  Informasi dan telekomunikasi
- Adanya Pos pelayanan informasi tentang Covid 19.

Ketiga dinilai tim oleh tim penilai bidang Kesehatan :
- Adanya tempat isolasi mandiri bagi warga yg terjangkit Covid 19
- Adanya pelayanan kesehatan
- adanya tempat cuci tangan  di setiap rumah warga.
- Masuk kawasan harus pakai masker
- Cek suhu badan
- Ibadah di Masjid harus mematuhi protokol kesehatan yg aturannya di pasang didepan pintu masjid.

Keempat dibidang  Ekonomi
- Adanya usaha pembuatan roti
- Usaha ternak burung
- Usaha ternak ikan lele
- Usaha Pembuatan masker
- Usaha rajutan 

Kegiatan penilaian Nagari Tageh rumah gadang oleh team penilai dari Polresta Padang bertempat di Jl. Delima Blok A RW 08 Kel. Kuranji Kec. Kuranji Kota Padang berakhir  pkl 13.10 wib, dan selama kegiatan berlangsung dalam keadaan aman, tertib dan terkendali.

Sumber: Kapolsek Jecxmatan Kuranji Padang.

(Tdf Chaniago)