6 Jet Tempur F-16 Yunani Gelar Latihan Gabung Bersama Skuadron Prancis, Italia dan Siprus

Jet tempur F-16 Yunani. /

IMPIANNEWS.COM (Yunani).

Enam jet tempur F-16 Yunani mengambil bagian dalam "Latihan Penerbangan Gabungan Eunomia Yunani" Kamis 27 Agustus 2020 bersama Siprus, Italia dan Prancis di selatan Siprus, surat kabar Ekathimerini melaporkan.

Menurut surat kabar Ekathimerini, enam pesawat telah terlihat pada hari sebelumnya dalam perjalanan ke Siprus dari sisi Turki, yang kemudian gagal menghalangi penerbangan kembali mereka.

Jet-jet itu bergabung dengan dua F-16 lagi yang dikerahkan di Siprus dan jet tempur Rafale Prancis yang berpartisipasi dalam latihan tersebut, kata media itu.

Pada tanggal 26 Agustus, Kementerian Pertahanan Yunani mengatakan bahwa Yunani, Siprus, Italia dan Prancis setuju untuk meningkatkan kehadiran militer bersama mereka di Mediterania Timur dalam kerangka Inisiatif Kerjasama Kuartet, mencatat bahwa latihan aeronautika bersama Eunomia selama tiga hari adalah bagian dari inisiatif.

Sementara itu, Turki telah mengeluarkan peringatan Navtex internasional untuk melakukan latihan meriam pada 1 - 2 September di wilayah sengketa di Mediterania Timur.

Pemberitahuan Navtex datang saat Prancis, Italia, Yunani, dan Siprus melakukan latihan militer bersama di dekat Siprus selatan. Seluruh area antara pantai selatan Turki dan pantai utara Siprus telah dicadangkan untuk latihan tersebut.

Keputusan untuk mengadakan latihan militer di daerah tempat kapal penelitian Turki Oruc Reis melakukan eksplorasi seismik muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara Athena dan Ankara.

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar mengatakan bahwa latihan angkatan laut ini tidak sesuai dengan aturan maritim dan meningkatnya ketegangan di wilayah tersebut.

Kapal Oruc Reis memulai eksplorasi pengeboran di perairan yang diklaim Yunani di Mediterania pada Agustus. Pada Minggu, Turki mengumumkan perpanjangan eksplorasi seismik di daerah tersebut hingga Kamis.

Yunani telah memobilisasi angkatan bersenjatanya untuk siaga tinggi dan berjanji untuk melindungi hak kedaulatannya dengan segala cara yang diperlukan.

Kantor Navigasi, Hidrografi, dan Oseanografi Turki juga mengatakan kapal penelitian Oruc Reis akan memperpanjang misi eksplorasi seismiknya hingga 1 September. Misi pencarian gas di Mediterania timur telah berlangsung sejak 10 Agustus dan dijadwalkan berakhir pada 27 Agustus.

Misi tersebut berada di pusat meningkatnya ketegangan dengan Yunani, yang mengklaim perairan itu sebagai zona ekonomi eksklusifnya.

Sebagian besar garis pantai Turki dipenuhi dengan pulau-pulau kecil milik Yunani, yang menurut Athena memberikan prioritas untuk mengeksploitasi sumber daya ekonomi secara berlebihan dalam radius 200 mil laut.

Ankara, pada bagiannya, telah mulai mengabaikan zona ekonomi sekutu penting Yunani, Siprus, dalam operasi pencariannya di Mediterania timur.***