Taiwan Muak Lihat Sikap Arogan Angkatan Udara China Jet-jet Tempur Lewati Wilayah Udaranya



Rudal Patriot.

IMPIANNEWS.COM (Taiwan).

Taiwan sepertinya sudah muak dengan aksi arogan Angkatan Udara Tentara China (PLAAF). Pasalnya, negara komunis itu kerap mengirim jet-jet tempurnya menerobos wilayah udara secara ilegal.

Tak hanya itu, sejumlah insiden yang didalangi militer China kerap terjadi sejak awal tahun ini.
Sebagai respon atas ulah China tersebut, Kementerian Pertahanan Taiwan bakal membeli rudal sistem pertahanan udara Patriot dari Amerika Serikat (AS).

Dilansir viva yang merangkum reuters, Jumat 10 Juli 2020, ternyata rencana Taiwan itu disambut baik oleh Amerika Serikat.

Departemen Luar Negeri Amerika (US Department of State) secara resmi mengonfirmasi persetujuan pembelian rudal sistem pertahanan udara Patriot oleh Taiwan.

Untuk mendaratkan senjata canggih itu, pemerintah Taiwan akan menggelontorkan dana sebesar U$620 juta, atau setara dengan Rp8,9 triliun.

"(Pembelian rudal sistem pertahanan udara Patriot) untuk mendukung pergerakan operasional selama 30 tahun," bunyi pernyataan resmi Departemen Luar Negeri AS.

Senada dengan Departemen Luar Negeri AS, Kementerian Pertahan Taiwan juga menyambut baik kabar positif ini.

Untuk diketahui, Taiwan merupakan sekutu Amerika di kawasan Asia. Kedua negara sudah mengikat kerjasama sejak Pemilihan Presiden pertama Taiwan pada 1988, yang dimenangkan oleh Lee Teng-hui. ***