India Kerahkan 3 Sistem Rudal Sekaligus Lawan China di Wilayah Konflik

Ilustrasi/int

IMPIANNEWS.COM (India).

Militer India kembali mengerahkan tiga sistem pertahanan rudal sekaligus ke wilayahnya yang berbatasan dengan China di Ladakh, pegunungan Himalaya.

 Langkah yang diambil New Delhi ini mengindikasi semakin memanasnya perseteruan dengan Beijing terkait sengketa perbatasan.

Pengerahan misil itu dilakukan pada akhir pekan lalu. Wilayah sengketa itu telah menjadi medan bentrok mematikan pasukan kedua negara pada 15 Juni lalu dimana 20 tentara New Delhi tewas.

Tiga senjata pertahanan yang dikerahkan antara lain sistem rudal Akash buatan India, Spyder buatan Israel, dan sistem rudal Pechora dan OSA-AK buatan Uni Soviet negara yang terpecah-pecah dan kini bernama Rusia.

India dan China sama-sama meningkatkan kehadiran pasukan dalam jumlah besar yang mencakup tentara, pesawat tempur, helikopter, tank, dan artileri berat sejak insiden 15 Juni.

Kedua negara bersenjata nuklir itu saling tuding satu sama lain sebagai pelanggar perbatasan.

Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China telah mengaktifkan beberapa pangkalan di dekat Ladakh di Daerah Otonomi Tibet, di mana pesawat-pesawat tempur secara teratur menunjukkan kekuatan.

Sedangkan India, menurut sumber yang dikutip Sindonews mengutip United Press International (UPI), Selasa 30 Juni 2020, telah memperkuat sisi perbatasannya dengan TANK howitzer M777 buatan Amerika Serikat (AS).

Post a Comment

0 Comments