Gara-gara Tol Cisumdawu, "Presiden Semprot Dua Menteri," Sri Mulyani dan Sofyan Djalil


IMPIANNEWS.COM (Jakarta).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memberikan teguran kepada para Menteri.

Kali ini teguran dilontarkan kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil dan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam rapat terbatas terkait percepatan pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Presiden mengatakan, hingga sekarang, proses pembebasan lahan masih terhambat. Pengembalian dana talangan tanah oleh LMAN kepada badan usaha jalan tol juga lambat karena persoalan administrasi.

"Peraturan teknis pelaksana baik di kementerian ATR maupun di Kementerian Keuangan juga belum lengkap. Saya minta segera diselesaikan, dirampungkan semuanya. Kita butuh percepatan karena ini akan menyangkut juga Bandara Kertajati," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Presiden melihat, selama ini, banyak sekali aturan teknis dan prosedur administrasi yang menjadi kendala sehingga akhirnya menghambat percepatan pembangunan infrastruktur di Tanah Air.

"Ini terus berulang-ulang kita alami dan tidak ada penyelesaian secara permanen. Penyelesaiannya secara kasus per kasus. Kita tidak pernah membuat regulasi yang sederhana, yang ringkas, yang cepat. Sebetulnya solusinya itu," tandas Jokowi.

Jokowi mengatakan, pembangunan jalan tol Cisumdawu ini sangat penting untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional dan juga daerah sekitar.

"Ini jalan tol penting sekali tapi terhambat," jelasnya.
Karena itu, ia meminta agar Kementerian ATR/BPN segera menyelesaikan berbagai permasalahan hambatan pembangunan tersebut.
"Ini saya minta segera diselesaikan, dirampungkan semuanya," tutup Jokowi. ***

Posting Komentar

0 Komentar