FT UNP Gelar Webinar Series dengan Tema "Smart Telecommunication Infrastructure"

FT UNP Gelar Webinar Series dengan Tema "Smart Telecommunication Infrastructure"

IMPIANNEWS.COM (Padang)

Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (FT UNP) menyelenggarakan Webinar Series #1 dengan tema “Smart Telecommunication Infrastructure untuk Mendukung Sistem Pembelajaran Online, Rabu (22/7). Webinar ini  dimoderatori oleh Dosen Teknik Elektro FT UNP Pinto Anugrah, S.T., M.Eng., webinar yang merupakan seri perdana dari total empat seri dengan topik berbeda-beda ini pun berjalan dengan lancar. Terhitung selama dua jam, ada sekitar tiga ribu peserta yang ikut berpartisipasi.

Pada kesempatan ini, Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc., Ph.D. selaku Dosen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada menyampaikan beberapa hal penting yang harus diwujudkan. Pertama, kompetensi profesional yang mencakup berpikir sistemik, kemampuan melakukan problem solving, dan kreativitas. Kedua, keterampilan sosial yang mengharuskan individu dapat berkomunikasi dan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait. Ditambah rasa empati dan literasi informasi yang harus dimiliki. Terakhir, karakter pembelajar mengingat situasi yang berubah dalam jangka waktu cepat. 

“Membangun karakter anak sebagai seorang pembelajar seumur hidup sangat penting karena masa depan berubah begitu cepat sehingga kemampuan adaptasi, eksplorasi sesuatu yang baru, yang belum diketahui akan sangat penting”, ungkapnya.

Selain itu, “Infrastruktur dan koneksi bukan satu-satunya. Itu penting, tetapi yang lebih penting ialah menyiapkan manusianya. Tantangannya kemudian mengenai bagaimana pendidikan yang kita jalankan saat ini bisa menyiapkan anak-anak kita untuk mampu beradaptasi dalam situasi yang tidak jelas dan berkompetisi mengisi lapangan pekerjaan yang saat ini mungkin belum kita kenal karena dinamikanya begitu cepat,”tambahnya

Terkait koneksi dan jaringan, General Manager Telkom Witel Sumatera Barat Subhan, S.T. memaparkan pula konsep yang diusung telkom mengenai dukungan terhadap dunia pendidikan. Salah satu di antaranya, Telkom Digital Sign. “Kita memberikan solusi seperti Telkom digital sign. Ini merupakan layanan yang sifatnya memang saat ini dokumen-dokumen penting harus ditandatangani di perguruan tinggi, bisa dilakukan dengan pendekatan tanda tangan digital.”

Rektor UNP Prof.Ganefri, Ph.D. menyampaikan apresiasi tema webinar ini sangat menarik karena ia menyakini model dan strategi pembelajaran ke depan akan tetap menggunakan infrastruktur komunikasi, meskipun pandemi Covid-19 tidak ada lagi. Berikut, Ketua Pelaksana Ali Basrah Pulungan, S.T,M.T. menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas antusiasme peserta. “Semoga peserta webinar mendapatkan manfaat yang besar dari kegiatan ini. Diharapkan ilmu yang dibagikan oleh para narasumber dapat diaplikasikan dalam dunia pembelajaran”, ucapnya mengakhiri. (ayu/Humas UNP)