F. Dt. Perdano Siap Dukung Program Normalisasi Batang Agam

IMPIANNEWS.COM 
"Proses Administrasi Normalisasi Batang Agam Terus Berjalan"
Payakumbuh, --- Proses penyelesaian administrasi 5 persil lahan tanah yang akan dirampungkan sampai akhir tahun ini terus berjalan. Kali ini telah datang dan sedang proses penyelesaian sporadik milik kaum F. Dt. Perdano yang berlokasi disebelah taman Ratapan Ibuh.

Dt. Perdano adalah tokoh masyarakat NDB yang saat ini berdomisili di Pekan Baru. Beliau dulu juga merupakan pengurus KAN Koto Nan IV sebelum pindah ke Pekan Baru. Panjang lebar juga kami bercerita dengan beliau. Banyak nasehat-nasehat yang diberikan nya kepada kami. Tentu nya ini merupakan pelajaran yang bisa diambil hikmahnya oleh kami.

Bagi kami tentu yang sangat menarik adalah berbicara masa dulu. Ibarat Tambo, beliau berpanjang lebar bercerita tentang Nunang maso saisuak. Beliau juga bercerita tentang sejarah Masjid Makmur yang katanya berdiri di tahun 1928 dan cerita cerita lainnya. 

Dilihat dari cara, gaya dan bahasa yang disampaikan, maka dapat kami simpulkan beliau paham betul tentang adat dan budaya. Tentunya ini sesuai pula dengan gelar Datuak yang melekat pada dirinya.

Usai bercerita masa lalu, cerita pun beralih kepada rencana normalisasi Batang Agam. Beliau sangat mendukung kegiatan tersebut. Terhadap proses administrasi pembebasan lahan dirinya akan segera menyelesaikannya termasuk surat kesepakatan kaum dan Ranji yg merupakan salah satu persyaratan yang dilampirkan dalam pengurusan sporadik.

"Kita dukung kegiatan Pemko Payakumbuh ini. Kami akan segera selesaikan sporadik ini secepatnya" kata Dt.  Perdano yang juga merupakan mamak kepala Kaum ini.

Terakhir selaku Lurah kami mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Dt.  Perdano atas kerjasama dan komunikasi yang baik ini. Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan lancar dan tidak terdapat kendala apa pun. Aamiin.(rel/014)