Dua Kepala Kankemenag Luak Limopuluah Saling Lantik Pejabat Eselon IV

IMPIANNEWS.COM 
Payakumbuh, --- Sempat jadi pertanyaan para staff, mengapa para pejabat eselon IV, Kepala madrasah, Kaur TU, JFT dan Kepala Raudhatul Athfal berkumpul di aula MAN 2 Payakumbuh?.  Sebagian ada dari pejabat saat ditanya, menjawab ada pembinaan dari Kepala Kankemenag Payakumbuh. 

Sekitar pukul 09.00 WIB, Jumat (10/07/2020) pertanyaan staff mulai berangsur terjawab dari postingan beberapa pejabat di media sosial. Ternyata ada pelantikan pejabat eselon IV. 

Di MAN 2 Payakumbuh, Kepala Kankemenag H. Ramza Husmen lantik 5 pejabat eselon IV dan satu pejabat fungsional Penghulu sekaligus merangkap Kepala KUA. pembacaan SK pelantikan dari Menteri Agama RI melalui Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, H. Hendri dibacakan JFT Analis Kepegawaian Ustaniar. Sedangkan Resfi Yendri, Kepala KUA Kecamatan Payakumbuh Barat ambil peran rohaniawan. 

Pelantikan pagi Jumat tersebut dilaksanakan sesuai Protokol Kesehatan, tampak dihadiri Kepala Kankemenag Kabupaten Lima Puluh Kota, H. Naharuddin dan undangan, antusias menyimak prosesi pelantikan. 

Adapun pejabat Eselon IV Kankemenag Kota Payakumbuh yang dilantik dan diambil sumpah jabatan adalah :

  1. H. Mustafa sebagai Kasubbag TU, tempati jabatan lama,
  2. H. Jufrimal sebagai Kasi Penmad, sebelumnya Kasi PHU,
  3. Sri Yusnita Kasi PHU sblumnya Kasi PAIS,
  4. Endra Rinaldi sebagai Kasi PDPP, sebelumnya Kasi Bimas Islam,
  5. Hamdan sebagai Kasi Bimas Islam, dipromosikan dari jabatan Kepala KUA kecamatan Payakumbuh dan Penghulu di Kankemenag Kab. Lima Puluh Kota, dan
  6. Syafrizal sebagai Penghulu di KUA Kecamatan Latina sebelumnya Kasi PDPP.

Dalam sambutannya, Kepala Kankemenag Ramza Husmen menegaskan bahwa rotasi, mutasi  promosi dan demosi adalah pakaiannya ASN. Jangan salahgunakan amanah yang diberikan pimpinan, tapi laksanakan tusi penuh loyalitas dan tanggungjawab. Karena pada prinsipnya ini adalah amanah yang akan dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT. 

"Segera lalukan pembenahan sesuai jabatan, serta lakukan penyesuaian diri. Tingkatkan soliditas team work demi terlaksananya visi dan misi Kementerian Agama melalui Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh,"pesan Ramza Husmen. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada pejabat yang dilantik yang diawali oleh Kepala Kankemenag dan undangan. Dengan pelantikan tersebut, jabatan yang kosong mulai terisi. Saat ini di Kankemenag Kota Payakumbuh masih terdapat kekosongan jabatan, yakni Penyelenggara Syariah dan Kepala MAN 1 Payakumbuh. 

Usai Jumat, Kepala Kankemenag Lima Puluh Kota lantik pejabat eselon IV 
Sarilamak, --- Kepala Kankemenag Kabupaten Lima Puluh Kota, H. Naharuddin pada Jumat (10/07) melantik dan mengukuhkan 7 pejabat Eselon IV bertempat di aula Kankemenag yang terletak di Jalan Negara Tanjung Pati ini. 

Pelantikan dan pengukuhan serta pengambilan sumpah jabatan tersebut merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama.

Berikut dalah pejabat pengawas eselon IV yang dilantik sebagai berikut :
  1. H. Irfan Junaidi dilantik sebagai Kepala Sub.Bagian Tata Usaha, dipromosikan dari jabatan Kepala KUA dan Penghulu pada KUA Kecamatan Lamposi Tigo Nagori Kota Payakumbuh, 
  2. H. Safrijon dilantik menjadi Kepala Seksi bimbingan Masyarakat Islam. 
  3. H. Zakaria dilantik sebagai Kepala Seksi Penyelengara Haji dan Umroh. 
  4. H. Dawizar dilantik sebagai Kepala Seksi Pendidikan Islam. 
  5. H. Ifkar dilantik sebagai Kepala Seksi Pendidikan Pd.Pontrean. 
  6. H. Zulwitra dilantik sebagai Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, serta 
  7. Memen Efendi dilantik sebagai Penyelenggara Zakat dan Wakaf. 

Usai melantik dan mengambil sumpah ketujuh pejabat eselon IV,  Kepala Kankemenag H.Naharudin Kakan Kemenag Lima Puluh Kota menjelaskan, Pelantikan hari ini (red) merupakan tindak lanjut dari keluarnya Paraturan Menteri Agama Nomor 19 tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama, sekaligus mengisi jabatan yang ditinggalkan oleh pejebat karena promosi.

Lebih lanjut H. Naharudin menjelaskan bahwa jabatan merupakan amanah yang harus dipertangung jawabbkan baik pada Allah S.W.T maupun kepada pimpinan. Oleh sebab itu saya berharap agar seluruh pejabat yang dilantik untuk memahami hakikat amanah dari sebuah jabatan”, harap Naharuddin. 

“Perlu saya ingatkan kepada seluruh pejabat yang dilantik bahwa sumpah jabatan serta pakta integritas yang baru saja, saudara baca hendaklah diresapi secara mendalam agar menjadi spirit serta motivasi bekerja bagi kita semua dalam memberikan layanan terbaik bagi umat’, pinta Bapak mudah senyum ini.

Diakhir sambutanya Kakan Kemenag juga menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terimakasih kepada seluruh pejabat yang telah mewakafkan diri selama ini dalam menjalankan tugas-tugas yang diamanahkan oleh lembaga, semoga pengabdian saudara dicatat sebagai amal kebaikan”, pungkas H. Naharudin.(014)