BOM Meledak di dalam Masjid saat Solat Jumat, Imam Ikut Tewas Termasuk 3 Jemaah.


IMPIANNEWS.COM (Afganistan).

Bom yang meledak di masjid Afghanistan saat shalat Jumat (12/6/2020) menewaskan setidaknya empat orang.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh pejabat Afghanistan, seraya menyebutkan lokasi ledakan bom di salah satu masjid Kabul, ibu kota negara tersebut.

Kemudian kantor berita AFP mewartakan, insiden ledakan bom saat sholat Jumat ini terjadi menjelang perundingan dengan para pemberontak.

"Berdasarkan informasi awal kami, sekitar siang hari peledak yang berada di dalam masjid meledak saat shalat Jumat," kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Tariq Arian, dikutip dari AFP.

Seorang juru bicara Kementerian Kesehatan Afghanistan juga mengonfirmasi jumlah korban. Dikatakan, imam dan tiga jemaah tewas di masjid Sher Shah Suri sedangkan jemaah lainnya luka-luka.

Ledakan bom ini terjadi seminggu setelah serangan yang menewaskan dua orang dan diklaim oleh ISIS.

Korban tewas saat itu salah satunya imam terkemuka, di sebuah masjid pinggiran zona hijau Kabul. Area tersebut dijaga ketat petugas.

Afghanistan sedang mengalami berbagai krisis. Selain virus corona yang menyebar cepat, aksi-aksi kekerasan juga masih berlanjut meski pemerintah dan Taliban memberi sinyal akan segera duduk bersama menggelar pembicaraan.

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani pada Kamis (11/6/2020) telah berjanji menyelesaikan pembebasan tahanan Taliban, yang merupakan syarat utama mengadakan pembicaraan damai dengan para pemberontak.

Setelah pertukaran tahanan selesai, kedua pihak telah berjanji akan memulai negosiasi.

Jika berjalan mulus, negosiasi ini akan mengakhiri perang yang sudah berkecamuk selama hampir 19 tahun.

AFP memberitakan, Taliban telah menahan diri untuk melakukan serangan besar di kota-kota Afghanistan sejak Februari, usai menandatangani perjanjian damai dengan AS.

Perjanjian itu dimaksudkan membuka jalan bagi pembicaraan damai antara Taliban dengan pemerintah Kabul.
Gencatan senjata selama libur Idul Fitri lalu sempat meningkatkan harapan kedua pihak mungkin semakin dekat menggelar negosiasi.

Akan tetapi, maraknya serangan baru-baru ini membuat harapan damai itu mulai memudar.

Gencatan senjata tersebut adalah yang kedua terjadi di Afghanistan, sejak Taliban digulingkan invasi militer Amerika Serikat (AS) pada 2001.
Kala itu, AS membalas serangan 11 September yang didalangi oleh Al Qaeda.

Artikel Ini Telah Tayang di Kompas dengan Judul Bom Meledak Saat Shalat Jumat di Masjid Afghanistan, 4 Orang Tewas (***


Posting Komentar

0 Komentar