Walikota Bukittnggi Tutup MTQ Ke 39 Tahun 2020

IMPIANNEWS.COM
Bukittinggi, --- Selesai sudah berbagai rangkaian kegiatan MTQ Nasional Kota Bukittinggi ke 39 tahun 2020 dengan resmi ditutup Walikota Bukittinggi H. Ramlan Nurmatias, SH Kamis Malam 05 Maret 2020 bertempat di halaman Masjid Agung Tangah Sawah.

Dalam laporannya Kabag Kesra Bukittinggi Eryanson selaku Ketua Pelaksana menjelaskan bahwa MTQ ke 39 tingkat kota Bukittinggi sudah selesai dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 3 hingga 5 Maret 2020 dengan kecamatan Guguak Panjang sebagai tuan rumah pelaksana, dimana ada 9 titik yang dijadikan lokasi perlombaan.

“Pada MTQ ke-39 ini di lombakan 9 cabang dengan 17 golongan yang digelar di 9 lokasi yaitu Cabang Tilawah, Tartil, Tahfiz, MSQ, MFQ, Kaligrafi, Kitab Standar, Khutbah Jumat dan Azan. Peserta yang ikut berjumlah 297 orang dari tiga kecamatan yang ada serta dinilai oleh 30 dewan hakim," paparnya.

Sekretaris Kordinator Dewan Hakim pada MTQ ke-39 tingkat Kota Bukittinggi Fauzi menyampaikan hasil keputusan juri pada setiap cabang lomba. kecamatan Guguak Panjang berhasil meraih juara umum dengan nilai juara 1 berjumlah 115 poin, juara 2 berjumlah 57 poin dan juara 3  berjumlah18 poin dengan total nilai 190 poin.

Kecamatan Mandiangin Koto Selayan menjadi juara dua dengan nilai juara 1 meraih 70 poin, juara 2 meraih 33 poin dan juara 3  meraih 9 poin dengan total nilai 112 poin.

Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh menjadi juara tiga dengan nilai juara 1 meraih 15 point, juara 2 meraih 27, juara 3 meraih 13 poin dengan total nilai 55 poin.

Tokoh masyarakat D. DT. Pado Basa pada kesempatan tersebut menyampaikan, kebanggaannya karena kecamatan Guguak Panjang telah sukses menjadi tuan rumah MTQ ke 39 sekaligus berhasil menjadi juara umum.

“Kita berharap kedepannya pemko bisa membuat rumah LPTQ sebagai lokasi pembinaan kafilah Bukittinggi. Selain itu juga dapat di jadikan pusat kegiatan keagamaan lainnya agar marwah dan akidah generasi muda Bukittinggi selalu dalam koridor hukum, adat istiadat serta berlandaskan agama Islam,” ungkapnya.

Sementara itu Ka. Kankemenag Kota Bukittinggi H. Abrar Munanda sangat mengapresiasi kepanitiaan yang telah sukses melaksanakan MTQ ke 39 kota Bukittinggi dengan sebaik-baiknya

“Kita berharap dengan adanya MTQ kali ini dapat melahirkan bibit potensial untuk menjadi kafilah MTQ Bukittinggi serta dapat mewakili Sumbar ke tingkat nasional. Untuk tahun ini ada tiga kafilah Bukittinggi yang tengah bersiap untuk wakili Sumbar, semoga tahun depan dapat ditingkatkan,” ujarnya lagi.

Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan MTQ ke 39 tahun 2020 tingkat kota Bukittinggi. Hasilnya pun telah keluar dan ini juga akan tetap dievaluasi untuk ditingkatkan serta dilakukan pembinaan oleh LPTQ nantinya.

“Pelaksanaan ini tentu akan dievaluasi oleh LPTQ untuk menjaring bibit kafilah bagi Kota Bukittinggi. Kita tetap berkomitmen untuk mengutus kafilah MTQ tingkat Sumbar, yang benar benar dari Bukittinggi. Tidak ada cerita untuk mengambil kafilah dari daerah lain. Prestasi tentu akan dikejar, tapi kejujuran menjadi nomor satu. Sehingga hasil yang didapat menjadi hasil murni kota Bukittinggi untuk terus ditingkatkan,” katanya
Selanjutnya ia menegaskan, Pemerintah Kota Bukittinggi selalu dukung setiap kegiatan keagamaan dan kebudayaan kota Bukittinggi.

“Bersama DPRD, pemko juga menganggarkan setiap kegiatan untuk mendukung bidang keagamaan dan kebudayaan di kota Bukittinggi,” katanya lagi. (Sy/014)

Post a Comment

0 Comments