Uskup Ruteng Ditahbiskan, Ini pesan Adreas Hugo Pareira


IMPIANNEWS.COM (Manggarai)

Kamis 19 Maret 2020 Mgr. Kardinal  Ignatius Suharyo menahbiskan Siprianus Hormat, Pr sebagai Gembala gereja yang baru untuk umat Keuskupan Ruteng. Ini tentunya menjadi wujud kesukacitaan bagi  umat Katolik di Manggarai Raya yang meliputi Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat di Flores, Nusa Tenggara Timur.

Kehadiran seorang gembala Gereja yang memang sudah lama dinantikan ini terjadi ketika Paus Fransiskus di Vatikan City pada Rabu 13 November 2019 yang lalu mengumumkan Romo Siprianus Hormat, Pr (53), sebagai Uskup Ruteng menggantikan Mgr. DR. Hubertus Leteng, PR, yang  mundur sejak tahun 2017.

Ia berharap, Mgr. Siprianus Hormat Pr akan menjadi gembala gereja yang penuh kasih memimpin dan menyatukan umat di Keuskupan Ruteng yang berjumlah kurang lebih 820.000 jiwa di tiga kabupaten, dimana 96,36 persen di antaranya merupakan penganut Katolik.

"Seperti tertulis di Korintus 16:14 yakni  “Omnia In Caritate, Lakukanlah Segala Pekerjaanmu Dalam Kasih”, semoga Mgr. Siprianus juga dapat selalu bekerja dalam kasih sekaligus menabur berkat kasih Allah Bapa bagi seluruh masyatakat Manggarai Raya" pesan Andreas Pareira kepada Zonalinenews, Kamis 19 Maret 2020.

Kehadiran Uskup baru ini, ia menilai, merupakan suatu peristiwan iman  dan memon yang tepat, mengingat pada tahun 2020 ini, dua Kabupaten di Manggarai Raya, Manggarai dan Manggarai Barat akan mengadakan Pilkada. 

"Pilkada yang biasanya “panas” dengan berbagai isu-isu politik, semoga menjadi lebih teduh dalam kasih antar kontestasi peserta pilkada yang akan bertarung. Kita berharap peran Gereja melalui gembala yang baru akan menyejukan sehingga umat dapat dengan tenang menentukan kepala daerah terbaiknya" kata Andre
as

Dengan ditahbiskannya Mgr. Siprianus, ia menghendaki  Gereja semakin berperan penting bagi kemajuan dan menjadi simbol pemersatu masyarakat. 

"Saya juga mendoakan Mgr. Siprianus selalu diberkati dengan  kesehatan baik dan kebijaksanaan dalam memimpin Keuskupan Ruteng. Dan semoga dengan pentahbisan ini, masyarakat se Manggarai Raya juga dipenuhi berkat dan damai sukacita dari Yang Maha Kuasa" pintanya ?⁷

#rafch
#manggarai

Post a Comment

0 Comments